Gubernur Aher Minta Satpol PP Kawal Pesta Demokrasi di Jabar

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Memasuki tahun politik, peran Satuan Polisi Pamong Praja sangat dibutuhkan demi mengawal pesta demokrasi di Jawa Barat. Tahun ini Jabar sendiri menggelar pilkada serentak, ada sebanyak 16 kota/Kabupaten di Wilayah Jabar yang menggelar pilkada.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta kepada Satpol PP dan Satlinmas bersama TNI dan Polri mekakukan pengamanan bersama. Terlebih untuk Satpol PP dan Satlinmas yang tugasnya berada di dalam lingkungan pelaksanaan pemungutan suara secara langsung bersama Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Bahkan Satpol PP dan Limnas itu masuk dalam lingkungan pelaksanaan pilkada secara langsung bukan diluar seperti KPPS maka hadirkan Pilkada yang aman, tentram, lancar dan Jurdil,” kata Aher.

Sebagai aparat, lanjut Aher,  yang menyelenggrakan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat, Satpol PP harus bersikap produktif mencermati gelagat dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pesta demokrasi serta konisisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintah.

Satpol PP sebagai aparat sipil negara juga dituntut untuk bersikap netral sebagaimana diperintahkan oleh undang-undang ASN.

“Satpol PP harus lebih meningkatkan upaya deteksi dini agar potensi gangguan ketertiban umum dan keamanan bisa diantisipasi, dengan begitu masyarakat akan merasa teindungi,” ujar Aher.

Leave a Reply