Geopark Ciletuh Menuju Unesco Global Geopark, Pemprov Jabar Siap Sambut Tim Penilai

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Pemerintah provinsi Jawa Barat terus melakukan pembenahan agar Taman Nasional Geopark Ciletuh – Pelabuhan Ratu bisa ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG). Pasalnya tinggal beberapa minggu lagi tim assesor dari Unesco yang akan melakukan penilaian terhadap Taman Nasional Geopark Ciletuh-Pelabuhan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat Ida Hernida menegaskan bahwa pihaknya sudah siap menyambut kedatangan tim asesor. Menurutnya berbagai persiapan pun sudah dilakukan, dari mulai infrastruktur sampai kesiapan masyarakat di lokasi.

“Untuk menyambut penilaian kita sudah melengkapi hal-hal yang memang belum lengkap, sesuai dengan arahan,” tegas Ida, di Bandung, Selasa (18/7).

Kelengkapan infrastruktur yang telah dilengkapi diantaranya ialah, petunjuk jalan, panel-panel keterangan, petunjuk arah, sanitasi air bersih, MCK, tempat sampah dan Geopark Information Centre (GIC).

Ia pun mengimbau masyarakat yang hendak berwisata dan menikmati keindahan alam disana, untuk menjaga kelestarian dan kebersihan sehingga jelang penilaian, lokasi wisata alam yang terletak di Jabar selatan ini mendapatkan penilaian baik dan ditetapkan menjadi UGG.

“Semoga saja dengan banyak liburan semoga para wisatawan dapat menjaga kebersihan, sehingga tim kebersihan disana atau pengelola wisata tidak terlalu berat kerjanya saat menjelang penilaian,” jelas Ida.

Untuk diketahui, TNGC menjadi satu-satunya perwakilan wisata yang mewakili Indonesia untuk diajukan menjadi UGG setelah sebelumnya ditetapkan dua nama lainnya, yakni Gunung Batur dan Gunung Sewu.

Dengan penetapan TNGC menjadi UGG ini diharapkan dapat meningkatkan geliat perekonomian masyarakat serta bisa menjadi peningkatan PAD dari aktifitas pariwisata, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Share This

Leave a Reply