Geliat Band Indie Lokal Di Tengah Persaingan Global

Oleh: Ridwan Alfatah

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Dari dulu, banyak grup musik band besar yang lahir di Kota Bandung. Geliat kreatifitas warga Bandung yang seolah tak ada habisnya menjadikan Kota Bandung sebagai salah satu kiblat musik Tanah Air.

Hampir semua band musik yang lahir di Kota Bandung melalui proses yang tidak mudah. Sehingga, lahir juga banyak komunitas musik Indie (berlabel sendiri) sebagai wadah berekspresi, berkumpul, dan bahkan bersama-sama menciptakan album kompilasi agar karya mereka dapat diperdengarkan kepada para pecinta musik.

Seperti Indiestortions, salah satu komunitas musik indie yang telah meluncurkan dua album kompilasi yang diberi label Indiestortions Volume 1 dan Volume 2.

“Kami berkomunikasi dengan seluruh band Indie se-Indonesia, berbagi harapan dan semangat dalam berkarya, sehingga kami dapat berbicara terus melalui karya,” ungkap penggagas Indiestortions Mochamad Adryansah saat berkunjung ke kantor Jurnal Bandung.com, di Lucky Square Mall Lantai 1, Blok 8 Nomor 1, Jalan Terusan Jakarta, Antapani, Kota Bandung, Senin (11/5).

Menurut Adry, sapaan akrabnya, dari Aceh sampai Makassar, hampir seluruh band indie telah ikut bergabung dalam wadah Indiestortions dan melahirkan Album Kompilasi Volume1 dan Volume2. Indiestortions seakan mempertegas kehadiran band-band indie di Indonesia, khususnya di Kota Bandung.

“Kami sedang mengumpulkan lagu untuk album Indiestortions Volume 3, setelah kemarin berhasil menggabungkan 30 grup band dalam satu kompilasi. Sehingga, total sudah tergabung 60 grup band dalam dua album yang telah kami luncurkan pada 2014 kemarin,” tutur Adry.

Adry pun berharap, dengan bergabungnya seluruh komponen indie dalam Indietortions, geliat seni anak muda akan selalu berkumandang menghiasi negeri dan tentu saja menjadikan generasi muda kreatif, imajinatif, dan jauh dari kegiatan negatif.

“kami mengajak siapa pun pecinta seni indie, baik itu musik, distro maupun film indie untuk ikut bergabung dengan Indiestortions dengan mengunjungi indiestortions2015.wordpress.com,” ajak Adry.

Share This

Leave a Reply