Gelar Muhasabah, Republika dan Pemprov Ajak Masyarakat Hormati Waktu

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Banyak cara merayakan malam tahun baru, seperti yang diselenggarakan Harian Republika dan pemprov Jabar, yang lebih memilih merayakan malam pergantian tahun dengan cara muhasabah (renungan). Ribuan Jamaah dari berbagai tempat di Jawa Barat memadati mesjid Pusdai Bandung. “Acara muhasabah ini setiap tahunnya selalu digelar. Tidak ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata ketua panitia acara Muhasabah Akhir Tahun 2015 Yusuf Supriatna, disela-sela kegiatan.

Dikatakan Yusuf, acara Muhasabah ini digelar adalah sebuah upaya agar masyarakat bisa lebih menghargai waktu. “Pergantian tahun, perlu disikapi, bahwa pergantian ini jangan diisi dengan hura-hura. Karena mengingat waktu ini sangatlah penting,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengajak masyarakat agar lebih mengingat apa saja yang sudah dilakukan ditahun 2015. “Apa yang telah kita lakukan untuk kita sendiri, lingkungan, apa yg kita lakukan supaya lebih baik lagi. Tentunya kita akan berdoa bagi diri kita, bagi Jawa Barat dan Indonesia semoga dengan apa yang telah kita lakukan kemarin bisa direnungkan dan evaluasi lagi agar ke depannya lebih baik,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan menyampaikan tausyiah kepada warga yang hadir di acara itu.”Selain Pak Gubernur, Aa Gym juga dijadwalkan akan memberikan tausiyah di acara Muhasabah Akhir Tahun 2015 Republika dan Pemprov Jabar ini,” ujar dia.

Share This

Leave a Reply