Gelar Acara Maraton di Bandung, Gubernur Tantang Panitia Jadi Kalender Tahunan

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Pemerintah provinsi Jawa Barat digandeng oleh Brand minuman isotonik dari PT Amerta Indah Otsuka, Pocari Sweat akan menggelar event lari Marathon terbesar di Jawa Barat bertajuk POCARI SWEAT Bandung West Java Marathon 2017, pada Minggu (30/7) mendatang. Gelaran full marathon yang ditargetkan diikuti 6.500 pelari itu akan mengangkat konsep Sport Tourism.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyambut baik gelaran maraton yang bertajuk POCARI SWEAT Bandung West Java Marathon 2017. Pasalnya dengan ada acara ini, nama Jawa Barat khususnya dalam bidak parawisata akan ikut terangkat.

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Aher ini berharap acara maraton ini bisa menjadi acara tahunan di Jawa Barat, sehingga kedepan bisa mengadakan acara di kota-kota lain yang ada di Jawa Barat.

“Mudah-mudahan berdampak positif bagi promosi jawa barat, termasuk promosi bandung karena ini diadakan di Jawa Barat. Saya tantang juga mereka supaya ini jadi kalender tahunan,” terangnya.

Acara maraton ini sudah memilih rute  lari sepanjang 42 km melewati berbagai lokasi situs sejarah di Kota Bandung. Di antaranya, Gedung Sate, Layang Pasupati, Jalan Asia Afrika, Gedung Merdeka, Mesjid Raya dan Jalan Braga.

Kegiatan yang pertama kali digelar di Bandung ini dibuka 5 kategori yaitu Kid Dash, 5K, 10K, Half Marathon dan Full Marathon.

Prayugo Gunawan, Managing Director PT Amerta Indah Otsuka mengatakan, alasan konsep sport tourism itu tidak terlepas dari Kota Bandung yang selama ini identik dengan beragam aspek pariwisata yang dimiliki.

“Tujuannya, para peserta dapat menikmati keindahan kota Bandung melalui kegiatan olahraga berlari. Targetnya diikuti oleh 6.500 peserta, baik dari lokal maupun mancanegara,” katanya.

Ia mengklaim, berbagai persiapan dipersiapkan secara matang. Seperti rute yang terstandarisasi, kesiapan tenaga medis serta penyediaan hydration point untuk semua kategori yang tersebar setiap 1,5 km atau dalam setiap jarak tempuh 15 – 20 menit.

Penyediaan hydration point merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perlombaan lari karena hidrasi yang tepat merupakan salah satu kunci untuk performa lebih baik bagi para atlet olahraga.

Selain itu, Berbagai dampak bisa muncul jika pelari mengalami dehidrasi. Mulai dari kelelahan, penurunan performa, kejang otot, sengatan panas, pingsan, bahkan dehidrasi yang ekstrim bahkan dapat menyebabkan kematian mendadak.

Prayugo menambahan, untuk memenuhi semua kebutuhan para pelari, Pocari Sweat juga memiliki sebuah aplikasi yang dinamai SWEATGENERATION yang bisa diunduh di Google Play Store & Apps store. Aplikasi tersebut dapat membantu para pelari menemukan semua informasi detail perlombaan lari di Indonesia seperti rute lomba, lokasi toilet, lokasi medis, jadwal acara dan bantuan GPS menuju lokasi.

“Tak hanya itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti running tracker dan program latihan mingguan. Diharapkan dengan hadirnya aplikasi ini dapat membantu pelari sebelum dan saat  hari lomba tiba,” imbuhnya.

Share This

Leave a Reply