Gaya Arsitektur Eropa Begitu Terasa di Cikapundung Riverside

Oleh: M Ardiansyah

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Cikapundung Riverside kini menjadi spot pavorit bagi warga Kota Bandung dan pelancong yang singgah di kota berjuluk Parijs Van Java ini.

Tak heran, saban hari, banyak pengunjung yang menikmati area Cikapundung Riverside, apalagi saat akhir pekan. Terlebih, area ini pun dilengkapi air mancur yang layaknya bisa menari, mengikuti alunan musik yang dimainkan lewat pengeras suara.

Berdasarkan pengamatan Jurnal Bandung, Cikapundung Riverside banyak mengadopsi gaya arsitektur Eropa. Hal itu tampak jelas dari penataan trotoar yang dilengkapi bangku cantik dan pot bunga berukuran besar seperti halnya penataan ruang publik di Cannes, Perancis.

Sementara tiang-tiang lampu yang dipasang di dekat Cikapundung Riverside tak jauh beda dengan gaya penataan ruang publik ala Venesia dan Italia. Selain itu, lampu-lampu yang dipasang di Cikapundung Riverside serupa seperti yang banyak terlihat di Praha, Cekoslovakia.

Dengan daya tarik yang dimilikinya, taman yang sebelumnya hanyalah lahan parkir dan tempat para pelapak koran berjualan itu, kini berubah menjadi destinasi wisata baru bagi warga Bandung dan pelancong.

Saat malam tiba, sinar lampu berwarna lembut pun menyala. Suasana romantis pun langsung terasa di Cikapundung Riverside, cocok sekali dinikmati bersama pasangan, teman, maupun keluarga.

Share This

Leave a Reply