Gara-gara Ulah Ridwan Kamil, Persib Terancam Denda Rp 100 Juta

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Persib Bandung terancam denda sebesar Rp100 juta saat menjamu Persiba Balikpapan, pada pekan ke-10 yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (11/06) lalu.

Denda yang dibebankan kepada Persib ini dikarenakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil masuk ke ruang ganti pemain pada saat jeda pertandingan. Tersebarnya info tersebut lantaran orang nomor satu di Bandung ini mengunggah keberadaannya di ruang ganti ke akun instagram milik pribadinya.

Pria yang gemar main sosial media ini menuliskan dalam caption (ketarangan dalam foto) bahwa dirinya sedang mendoakan persib dan menyemangati pemain.

“Diminta mendoakan dan menyemangati pemain oleh manajemen #persib di babak ke-2. Alhamdulillah Persib tiga poin. ahiw,” tulis Ridwan Kamil pada caption foto yang diunggahnya ketika berada di ruang ganti pemain.

Akibat unggahan Emil tersebut, Persib justru terancam denda sebesar Rp 100 juta. Hal tersebut merujuk pada regulasi Liga 1. Berdasarkan Bab 1 Pasal 6 Ayat 2 Poin O, dinyatakan setiap tim menjamin bahwa tidak ada personil yang tidak berhak untuk memasuki ruang ganti tim.

Berdasarkan aturan, Emil sebenarnya bisa saja masuk ke ruang ganti pemain, namun harus setelah pertandingan berakhir. Sedangkan pada saat melawan Persiba Balikpapan, Emil masuk ke ruang ganti pemain saat istirahat babak pertama.

Media Officer Persib Bandung, Irfan Suryadireja mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima teguran atau surat klarifikasi dari PSSI terkait hal tersebut. Menurut dia, ramainya isu Persib terancam denda hanya ramai di media sosial.

“Kita belum dapat pemberitahuan (kemungkinan denda) atau undangan dari PSSI. Tapi secara aturan, memang tidak boleh di luar official yang tercantum, masuk ke ruang ganti pemain,” kata Irfan, Kamis (15/6).

Menurut regulasi Liga 1, kata Irfan, tamu VIP seperti Ridwan Kamil diperbolehkan masuk ke ruang ganti pemain namun hanya setelah pertandingan berakhir.

Irfan mengakui ramainya pemberitaan mengenai kemungkinan sanksi yang didapatkan Persib karena foto tersebut diposting ke media sosial oleh akun Ridwan Kamil. Seandainya tidak diposting, Irfan yakin hal tersebut tidak akan menjadi ramai seperti saat ini.

“Tapi saya belum tahu kebenaran foto postingan itu. Itu kapan diambilnya, ini belum jelas. Bisa jadi bukan saat lawan Persiba,” kata Irfan.

Leave a Reply