Gara-gara Hujan Deras dan Angin Kencang‪, 4 Pohon Besar di Kota Bandung Tumbang

Oleh: JB-02

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Akibat hujan deras yang disertai angin kencang, Minggu (3/5), empat pohon berukuran cukup besar tumbang di empat lokasi berbeda di Kota Bandung.

Bahkan, satu di antaranya menimpa mobil yang sedang terparkir. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung Arief Prasetya menyebutkan, keempat pohon yang tumbang itu terdapat di empat lokasi berbeda yakni di Jalan Belitung, Jalan Cikutra, dan di dua lokasi berbeda di Jalan Soekarno Hatta yakni di depan Oditur Militer dan RM Panyileukan.

“Ada empat pohon  yang tumbang. Penyebabnya karena saking kencangnya hembusan angin saat hujan deras yang membuat dahan pohon patah dan tumbang ke jalan,” ujar Arief kepada Jurnal Bandung, Minggu (3/5).

Arief mengatakan, keempat pohon yang tumbang tersebut berjenis pohon Trembesi, Mahoni, dan Albasia. Menurut dia, pohon tersebut sebenarnya relatif masih muda, di bawah 30 tahun.

“Khusus yang di Jalan Belitung, pohon cemara angin dengan tinggi lebih dari 10 meter tumbang ke jalan dan menimpa mobil yang terparkir. Selain itu, pohon tumbang juga menimpa kabel telepon dan kebel listrik. Tapi sudah kita kirim tim ke sana untuk mengevakuasi pohon,” beber Arief.

Pihaknya juga mengaku sudah menerjunkan dua regu yang terdiri dari 23 orang untuk mengevakuasi pohon. Dua regu ini disebar ke empat lokasi pohon tumbang tersebut.

“Kita sudah kerahkan dua regu tersebut untuk disebar ke empat lokasi. Sudah kita tangani,” ucapnya.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar selalu waspada saat terjadi hujan disertai angin kencang. Masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan pohon berukuran besar agar selalu memperhatikan dahan-dahan pohon yang dinilai membahayakan.

Selain itu, Arief pun mengimbau para pengendara di jalan raya berhati-hati jika posisinya berdekatan dengan pohon saat hujan besar. Sebab, ranting-ranting pohon dikhawatirkan patah karena tak kuat menahan beban.

“Pokoknya jangan berteduh di bawah pohon saat hujan. Bagi masyarakat yang melihat pohon yang dinilai membahayakan keselamatan untuk segera melaporkan ke Diskamtam. Bisa lapor lewat Twitter di akun @diskamtam,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply