Farhan Menilai Peran 5 Jubir Vaksinasi COVID-19 Tak Jelas

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Meski tahun depan sudah mulai vaksinasi kepada masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menilai msyarakat tidak mampu masih hidup dalam ketidakpastian.
Farhan menjelaskan upaya tim gugus tugas pusat dengan membentuk juru bicara untuk vaksinasi COVID-19 tidak menunjukan dampak efektif ke tengah masyarakat.

 
“Saya tidak mengerti, mengapa lima jubir pemerintah yang ditunjuk untuk menjelaskan tentang Vaksin ini seperti nggak terdengar di manapun,” ujar Farhan dalam keterangan persnya, Senin (14/12/2020).

 

 

Menurutnya, lima juru bicara ini belum memberikan keyakinan kepada masyarakat soal vaksin ini dengan transparan soal teknis penerimaannya.

 
“Narasi komunikasi publik yang dibangun oleh pemerintah tidak jelas. Vaksin ini harus dipersepsikan sebagai apa? Solusi semua permasalah akibat pandemik? Atau salah satu dari sekian banyak solusi,” katanya.

 
Akibatnya, publik dihadapkan pada situasi bimbang soal vaksin ini karena kerap bertolak belakang dengan wacana terkait agenda vaksinasi.

 
“Akibatnya sekarang masyarakat berspekulasi macam – macam soal vaksin COVID-19 ini. Mulai dari risiko dan manfaatnya, sampai ke pertanyaan siapa yang dapat gratis, siapa yang wajib, siapa yang harus bayar,” ujarnya.

 
Farhan mengungkapkan ada petisi masyarakat ke DPR yang meminta vaksin untuk digratiskan sebagai respon dari pernyataan Menkes 25 juta dosis gratis, 75 juta masyarakat dapat dibeli yang ditetapkan secara sepihak. “Bahkan Menkes juga tidak clear, siapa yang wajib dan siapa yang bisa beli. Jadi, bisa disimpulkan sampai sekarang masalah vaksin ini masih sangat belum jelas untuk masyarakat,” katanya.

 

 

Jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, lanjut dia cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

Leave a Reply