Fantastis! Harga Rumah Baru di Kota Bandung Paling Murah Rp300 Jutaan

Oleh: Ridwan Farid

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Rumah adalah dambaan bahkan impian bagi sebuah keluarga, terlebih keluarga baru. Bagi anda yang menginginkan lingkungan rumah yang terjamin aman, nyaman, dan tertata apik, tentunya akan lebih praktis memilih sebuah kompleks perumahan ataupun cluster.

Namun, di Kota Bandung, untuk memperoleh semua itu ternyata tidaklah mudah. Perkembangan pembangunan di Kota Bandung yang semakin pesat membuat nilai jual properti, baik tanah maupun rumah, khususnya rumah baru terdongkrak fantatis.

Berdasarkan data yang dihimpun Jurnal Bandung, dua tahun ke belakang atau sekitar 2013 lalu, keluarga yang mengidam-idamkan rumah baru bisa mendapatkannya dengan kisaran harga termurah sekitar Rp200 jutaan saja.

Namun, menginjak April 2015 ini, sulit sekali rasanya anda bisa memperoleh rumah baru hanya dengan uang sebesar itu. Sebab, harga termurah sebuah rumah baru di Kota Bandung rata-rata kini berada di kisaran Rp300 jutaan, itu pun sangat jarang.

“Sekarang susah cari rumah di bawah Rp300 juta. Bahkan, yang Rp300 jutaan saja sudah sangat jarang,” ungkap salah seorang agen properti Tina kepada Jurnal Bandung, Selasa (7/4).

Bahkan, Tina menyebutkan, rata-rata, harga termurah sebuah rumah baru di wilayah Kota Bandung kini berada di kisaran Rp350-Rp400 juta untuk tipe rumah terkecil yang luas tanahnya hanya sekitar 60-90 meter saja.

“Di sini saja jual Rp420 juta, itu luas tanahnya hanya 76 meter persegi dengan luas bangunan yang hanya 36 meter persegi,” ungkap Tina yang kini memasarkan rumah di Grand Calista, sebuah cluster di kawasan Arcamanik, Kota Bandung.

Tina mengakui, gencarnya pembangunan yang dilakukan Pemkot Bandung dua tahun terakhir ini membuat harga properti naik signifikan.

“Kalau mau cari rumah dengan harga miring, di bawah kisaran Rp300 jutaan, tidak ada pilihan lain kecuali memilih daerah pinggiran Kota Bandung,” katanya.

Sama halnya dengan Tina, agen properti lainnya yang kini memasarkan rumah di kompleks perumahan Pesona Hijau di kawasan Ujung Berung, Kota Bandung Hendra, juga membenarkan bahwa harga termurah sebuah rumah baru di kompleks perumahannya di kisaran Rp300 jutaan.

“Kompleks kami ini terbilang murah, dengan akses jalan yang hanya 250 meter dari jalan raya. Di atas (daerah Ujung Berung atas) kisarannya juga sudah Rp300 jutaan, bahkan bisa lebih,” ungkapnya.

Saat Jurnal Bandung mencoba mengecek harga rumah di pinggiran Kota Bandung, ternyata harga rumah yang ditawarkan pun tak jauh berbeda.

Bunga, seorang marketing kompleks perumahan New Bumi Harapan Cibiru mengungkapkan, rumah baru di kompleksnya paling murah dibanderol Rp368 juta.

Wow, sebuah nilai yang juga fantastis untuk sebuah komplek perumahan di kawasan perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung itu. Terlebih, lokasi perumahan pun menjorok jauh dari jalan raya.

“Beli rumah di kompleks kami itu itung-itung investasi, apalagi sebentar lagi akan dibangun perumahan besar Summarecon dan akses tol baru (proyek perumahan dan akses tol di kawasan Gedebage, Kota Bandung),” sebut Tina.

Gencarnya pembangunan di Kota Bandung memang sangat berdampak terhadap kenaikan nilai jual properti di Kota Bandung. Bahkan, disebut-sebut pula jika harga properti di Kota Bandung sudah tidak masuk akal.

Dengan upah minimum kota (UMK) Kota Bandung yang hanya di kisaran Rp2.3 juta per bulan, sebuah pertanyaan besar pun terlintas.

Dengan nilai jual di kisaran Rp300 jutaan dan cicilan di kisaran Rp3 jutaan (jika memilih kredit), sanggupkah kita mewujudkan impian untuk memiliki rumah di Kota Bandung?

Share This

Leave a Reply