Enam Partai Duduk Bersama Samakan Persepsi dalam Pilkada Serentak Jabar

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Enam partai duduk bersama untuk menyamakan persepsi antara satu sama lain terkait pilgub Jabar 2018 mendatang. Adalah Partai Demokrat, PAN, PKB, PPP, Gerindra dan Hanura saling tukar pikiran demi mempersembahkan Cagub Jabar terbaik untuk masyarakat Jawa Barat.

Pertemuan yang diadakan di Hotel Horison Bandung tersebut dihadiri Ketua DPW PPP Jabar Ade Munawaroh Yasin, Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan Sulandjana, dan Plt Ketua DPW PAN Jabar Hasbullah Rahmad. Hadir juga Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Mulyadi, Sekretaris DPD Partai Hanura Jabar Budi Hermansyah, dan Sekretaris PKB Jabar Hendra.

Ade Munawaroh Yasin mengatakan bukan hanya pilgub Jabar yang dibahas namun pilkada serentak yang digelar di 16 kota/kabupaten di Jawa Barat. Ade mengatakan, untuk kepastian dari ke-enam partai ini baru ada tiga partai yang sudah dipastikan berkoalisi dalam gelaran pilkada serentak. ketiga partai tersebut diantaranya PPP, Demokrat dan PAN.

Sedangkan, ketiga partai lainnya yang hadir dalam kesempatan tersebut pun ikut membicarakan pembangunan kesepahaman menuju Pilbup dan Pilwalkot di Jawa Barat.

“Ini untuk menyamakan kesepahaman. Kalau berenam partai ini bertemu, semoga selanjutnya ada draft untuk membahas yang lebih lanjut. Dari enam ini, yang sudah mantap adalah Pak Iwan, Pak Hasbullah, dan saya,” kata Ade dalam pertemuan tersebut.

Ade mengatakan keenam partai ini tidak mungkin sendirian mengusung pasangan calon pada Pilgub Jabar 2018 karena keterbatasan jumlah kursi di DPRD Jabar. Karenanya, diharuskan membuat koalisi untuk mengusung pasangan pemimpin yang akan diusung bersama.

Kemungkinannya, kata Ade, jika terbentuk koalisi antara ketiga partai ini dan yang lainnya, maka akan mengusung calon dari masing-masing partai, atau mengusung tokoh yang selama ini muncul dalam survey sebagai pemilik elektabilitas dan popularitas tinggi di Jabar.

Share This

Leave a Reply