Emil Pimpin Langsung Pembongkaran Basement PVJ

Oleh: Ferry Prakosa

foto oleh: Ferry Prakosa
foto oleh: Ferry Prakosa


Jurnal Bandung – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memimpin langsung pembongkaran basement mall Paris Van Java (PVJ).  Satu unit kendaraan alat berat pun dikerahkan ke lokasi pembongkaran. Wali Kota yang akrab disapa Emil ini secara simbolis memerintahkan operator kendaraan alat berat untuk membongkar lantai beton yang di bawahnya terdapat lahan basement parkir kendaraan.

Alat berat itu dibenturkan ke lantai hingga hancur lalu mengeruk beton menjadi lubang berbentuk segi empat.

“Hari ini Pemkot dengan Distarcip membongkar area yang melanggar peraturan bangunan,” kata Emil di mall PVJ, Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Kamis (8/1).

Mengacu pada peraturan daerah Kota Bandung, lanjut Emil, koefisien dasar hijau (KDH) dalam suatu bangunan yaitu 20 persen dari luas total bangunan. Tetapi, kata Emil, pihak PVJ malah melanggar aturan tersebut dengan membangun basement bermasalah berupa lahan parkir seluas 1.200 meter persegi.

Menurut Emil, manajemen mall PVJ sudah meminta maaf dan bersedia membongkar basement tersebut.

“Ini jadi pelajaran, kalau di Bandung jangan macam-macam,” tutur Emil.

Pembongkaran tersebut turut dipantau sejumlah anggota Komisi C DPRD Kota Bandung.

“Kami apresiasi ketegasan Ridwan Kamil terhadap para pihak yang melakukan pelanggaran. Tapi jangan sebatas ini saja untuk menindak para pelanggar,” kata Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Entang Suryaman.

Di tempat yang sama, perwakilan manajemen mall PVJ menyaksikan proses simbolis pembongkaran. Pengelola PVJ enggan berkomentar banyak, tetapi berjanji menaati keputusan Emil dan mematuhi sanksi sosial berupa mengurusi taman-taman di sepanjang Jalan Sukajadi.

“Kita ikut saja apa kata Wali Kota, termasuk mengikuti sanksinya,” ungkap perwakilan PVJ Budi.

Share This

Leave a Reply