Emil ‘Bermimpi’ 40 Sungai di Kota Bandung Kembali Bersih dan Jernih

Oleh: JB-01

foto oleh: Ferry Prakosa
foto oleh: Ferry Prakosa

Jurnal Bandung – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memiliki angan-angan besar untuk mewujudkan sungai-sungai di Kota Bandung kembali bersih dan jernih.

Untuk mewujudkan ‘mimpinya’ itu, Emil pun melakukan uji coba teknik penjernih air di Kali Cikapayang, Jalan Merdeka, Kota Bandung.

“Kita sengaja tes dulu di sepenggal kecil di Sungai Cikapayang, Jalan Merdeka ini. Kita ingin membuktikan Bandung sungainya jernih dan bersih lagi,” ujar Emil kepada Jurnal Bandung di Balai Kota Bandung, Minggu (31/5).

Menurut Emil, secara teori, teknik penjernihan air sebenarnya sudah ada, yakni melalui metodologi single chemical. Dengan metode itu, air sungai yang kotor dapat diolah menjadi bersih.

Jika proyek perdana yang menghabiskan dana APBD Rp2,6 miliar ini berhasil dan mampu memberi manfaat kepada lingkungan, kata Emil, secara bertahap pihaknya berencana menerapkan teknik serupa di 40 sungai dan anak sungai di Kota Bandung.

“Nanti ada contoh di skala yang lebih besar dan skala yang mendekati pemukiman warga, khususnya warga di kampung yang akan kita tata, insya Allah proyeknya tahun ini,” sebut Emil.

Kepala Bidang Pengairan Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Sihar Pandapotan menambahkan, sedikitnya ada sembilan mesin penjernih air di Kali Cikapayang ini, mulai dari baling-baling, pompa, hingga filter.

“Dalam metode ini juga kita menggunakan bahan kimia. Kalau PDAM kan pakai kaporit. Nah ini juga pakai, tapi bukan kaporit,” imbuhnya.

Untuk tingkat kejernihan air Kali Cikapayang sendiri, kata Sihar, kini sudah cukup baik. Jika rata-rata tingkat kejernihan air minum di angka 3, setelah diolah, kejernihan air Kali Cikapayang kini berada di angka 5.

Leave a Reply