Emil Akan Terus Bangun Taman hingga Akhir Masa Jabatannya

Oleh: Bayu Wicaksana

Jurnalbandung.com – Pemkot Bandung menargetkan pembangunan 25 taman skala Rukun Warga (RW) 2017 mendatang.

Pembangunan 25 taman RW tersebut sebagai wujud komitmen Pemkot Bandung untuk menambah luasan ruang terbuka hijau (RTH) di kota berjuluk Parijs Van Java itu.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, selama 2016 ini, pihaknya sudah membangun 23 taman RW atau genap 120 taman RW yang telah dibangun selama kepemimpinannya.

“Berbasis satu taman satu RW. Sisa di dua tahun (kepemimpinan Emil) akan ditingkatkan,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Bandung, Senin (19/12).

Melalui pembangunan taman RW, Emil berharap, keberadaan RTH di wilayahnya bisa tersebar merata. Dia pun berharap, RTH memiliki fungsi-fungsi tertentu sesuai kebutuhan masyarakat.

“Ini konsep Pemkot Bandung agar RTH ini merata dan berfungsi. Bukan hanya ruang hijau enak dilihat, tapi ruang hijau yang juga bisa dipakai secara sosial,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan, untuk pembangunan taman RW pada 2017, pihaknya mengalokasikan anggaran hingga Rp4 miliar lebih.

Setiap taman akan dibangun dengan dana masing-masing Rp200 juta. Adapun untuk pengadaan lahannya, kata Arif, merupakan kewenangan DPKAD Kota Bandung.

Arif menambahkan, pemilihan fungsi taman nantinya akan diserahkan kepada masing-masing wilayah dengan luas minimal 200 meter x 100 meter.

“Kalau yang banyak lansianya, bisa untuk tempat berkumpul lansia. Kalau pada suka olahraga, bisa juga untuk lapang voli,” sebutnya.

Disinggung soal revitalisasi Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi, Arif mengakui, pengerjaannya terhitung molor. Seharusnya, kata Arif, revitalisasi untuk tahap pertama tuntas pada 23 Desember nanti.

Namun, hingga kini pengerjaannya baru mencapai 30%. Pihaknya pun tidak akan ragu mem-blacklist kontraktor yang melanggar kesepakatan ini. Terlebih, revitalisasi Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi salah satunya untuk mendukung pembangunan skywalk yang akan terhubung ke Jalan Cihampelas.

Share This

Leave a Reply