Dukung UNBK, Aher Akan Upayakan Pengadaan Komputer Bagi Sekolah-sekolah di Jabar

Oleh: Redaksi

Foto Yuga Khalifatusalam
Foto Yuga Khalifatusalam

Jurnal Bandung – Ujian nasional (UN)2016 tingkat SMA/ SMK di Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung berjalan lancar. UN di Jabar sendiri diikuti oleh sekitar 538.404 siswa. Dari jumlah tersebut, sekitar 113.166 siswa mengikuti sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Hal itu diungkapkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan seusai meninjau pelaksanaan UN tingkat SMA/ SMK di sejumlah sekolah di Kota Bandung. Sekolah yang dia pantau, di antaranya SMKN 2 Bandung, SMAN 20 Bandung, dan SMAN 14 Bandung.

Terkait UNBK, Gubernur yang akrab disapa Aher itu menilai, sistem tersebut membuat penyelenggaraan UN lebih efisien baik dari segi waktu, juga pembiayaan.

Dengan metode ini pula, kata dia, kebocoran dan atau penyelewengan soal ujian dapat dihindarkan. Sehingga, suasana UN yang kondusif dapat tercipta.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengupayakan pengadaan komputer di sekolah melalui dana bantuan operasional siswa (BOS) pendidikan menengah universal (PMU).

“Kita targetkan 50% dari peserta UN tahun depan sudah berbasis komputer, ini tentu akan menghemat banyak hal. Hemat waktu, menghemat biaya untuk cetak soal, kemudian tidak ada proses pengawalan gudang soal, tidak ada proses pengawalkan distribusi soal, dan situasinya akan lebih kondusif mudah–mudahan,” tutur Aher dalam keterangan resmi yang diterima jurnalbandung.com, Senin (4/4).

Aher juga mengungkapkan, pada tahun ini, jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang semula 102 sekolah menjadi 403 sekolah.

Dari peningkatan tersebut, Aher pun berharap, sekolah yang mengikuti UNBK di tahun depan bisa mencapai 1.000 Sekolah tingkat SMA/SMK/MA/ termasuk siswa/i Paket C.

“Kalau tahun depan sudah di angka 50% kan ke depannya bisa kita targetkan, mudah–mudahan kalau 100% kan luar biasa ya. Atau mendekati 100% lah pada tahun 2018,” sebutnya.

Share This

Leave a Reply