DPRD Minta De Syukron Tidak Melulu Digelar di Bandung

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net

Jurnal Bandung – DPRD Provinsi Jawa Barat berharap, puncak peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat yang bertajuk “De Syukron” bisa digelar di daerah lain.

Selama ini, puncak kegiatan yang dilakukan Pemprov Jabar ini selalu diselenggarakan di Kota Bandung, tepatnya Gedung Sate.

Ketua DPRD Provinsi Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, puncak HUT Provinsi Jabar ini sudah berlangsung ke-enam kalinya
dan selalu digelar di Kota Bandung.

Padahal, kata Ineu, Jabar memiliki 26 kabupaten/kota lainnya yang juga berhak merasakan kemeriahan kegiatan tersebut.

“Kami bermimpi de syukron kalau biasanya di Bandung, nanti di daerah lain. Kalau sekarang roadshow-nya di daerah lain, nanti roadshow-nya di Bandung, puncak acara di daerah lain. Ke depan dibalik,” jelas Ineu saat menghadiri pembukaan De Syukron 2016, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (2/9).

Ineu menilai, pemerataan ini akan banyak berdampak positif, salah satunya agar warga di kabupaten/kota yang lain lebih merasa memiliki Provinsi Jabar. Selain itu, Ineu menilai, gelaran De Syukron memiliki potensi kepariwisataan yang baik, sehingga Ini sangat baik untuk pariwisata.

Lebih lanjut Ineu mengatakan, puncak peringatan HUT Provinsi Jabar ini tidak hanya menjadi ajang bagi pemerintah dalam menunjukkan berbagai keberhasilan yang telah diraih.

Namun, lanjut Ineu, De Syukron ini pun harus bisa menjadi ajang bagi pelaku usaha kecil dan menengah Jabar dalam mempromosikan hasil kreasinya.

“Makin ke depan makin menjadi wahana UMKM untuk menyosialisasikan hasil karyanya di Jabar,” ucapnya.

Sehingga, pelaku UMKM asal Jabar ini bisa lebih mengembangkan usahanya dan memberi kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Jabar.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, gelaran De Syukron ini merupakan bentuk rasa syukur atas capaian pembangunan yang telah diraih. Melalui gelaran ini, pihaknya berharap bisa lebih amanah dalam menjalankan pembangunan.

“Berkomitmen untuk lebih mempercepat kesejahteraan masyarakat kita. Itu de syukron kan,” kata Heryawan usai membuka gelaran tersebut.

Puncak HUT Jabar ini, kata dia, akan berisi berbagai kegiatan yang menampilkan seni dan tradisi Jabar, serta berbagai hasil kreasi lainnya.

“Ada tampilan seni dan budaya, wayang golek. Ada juga dari UKM-UKM unggulan di Jabar. De Syukron ungkapan rasa syukur sekaligus untuk memohon kepada Allah supaya sukses PON 2016 dan Peparnas,” pungkasnya.

Leave a Reply