DPRD Jabar Berharap Pembangunan Venue PON Selesai Tepat Waktu

Oleh: Bayu Wicaksana

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat harus segera tuntas. Hal ini harus dipenuhi mengingat pelaksanaannya yang tinggal setahun lagi.

Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Ali Hasan mengaku prihatin dengan pembangunan venue tinju di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi yang kini mangkrak.

Menurut dia, ada enam proyek pembangunan venue PON di lokasi tersebut yang gagal dan putus kontrak.

“Beberapa waktu lalu saya melakukan kunjungan kerja ke proyek pembangunan venue PON. Salah satunya ke Sukabumi dan di sana ada enam proyek pembangunan venue komplek olahraga sport centre yang gagal,” ungkap Ali kepada Jurnal Bandung di Bandung, Senin (16/3).

Padahal, menurut Ali, Pemprov Jabar sudah mengucurkan anggaran Rp14 miliar untuk pembangunan venue di Pelabuhan Ratu tersebut.

“Namun semuanya gagal karena putus kontrak, jadi tidak bisa menuntaskan pekerjaan,” kata Ali.

Anggota DPRD Jabar lainnya Syahrir mengatakan, pihaknya akan terus mengawasi pembangunan venue-venue yang akan digunakan dalam PON.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pengembang proyek venue PON menjalankan kewajibannya sebaik mungkin agar pembangunannya tidak molor.

“Makanya kami terus meningkatkan pengawasan agar bisa segera selesai. Nanti di APBD perubahan akan ada evaluasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar Yudha M Saputra mengatakan, venue cabang olahraga tinju di Kabupaten Sukabumi diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata. Terlebih, lokasi tersebut berdekatan dengan objek wisata Pantai Pelabuhan Ratu.

Kini, kata Yudha, venue tersebut masih dalam tahap pembangunan. Pihaknya pun meminta kepada pengelola venue tinju yakni Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk mempercepat pembangunan.

“Kita memfokuskan venue tinju di Sukabumi karena ingin menggemakan PON di sana. Karena Pelabuhan Ratu itu daerahnya bagus, tapi kurang terekspos dengan baik,” kata Yudha kepada Jurnal Bandung di Gedung Sate Bandung, Senin (16/3).

Yudha mengatakan, venue tersebut dibangun berstandar internasional dengan kapasitas penonton hingga 5.000 orang.

Yudha berharap, saat penyelenggaraan PON nanti, banyak masyarakat yang datang ke wilayah Sukabumi.

“Segala macam even tinju internasional yang akan diadakan di Jabar nantinya difokuskan di sana,” sebutnya.

Share This

Leave a Reply