DPRD Jabar Anggap Operasi Yustisi Bagi Warga Pendatang Tak Efektif

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Urbanisasi akan terus terjadi selama pembangunan masih timpang. Derasnya pertumbuhan ekonomi di daerah perkotaan menjadi daya tarik yang kuat bagi masyarakat pedesaan yang ingin memperbaiki kualitas hidupnya.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Yomanius Untung mengatakan, pembangunan desa mutlak diperlukan untuk mencegah urbanisasi. Warga desa yang bermigrasi tidak bisa disalahkan selama kebijakan pembangunan selalu terpusat di daerah perkotaan.

“Selama kebijakannnya masih belum merata dan tidak berpihak ke desa, mendahulukan industri di kota besar, maka urbanisasi ini akan terus terjadi,” kata Untung kepada jurnalbandung.com di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (11/7).

Terlebih, usai Lebaran seperti saat ini menjadi momentum yang tepat bagi warga desa untuk mengadu nasib di perkotaan.

“Keinginan atau niat warga desa untuk melakukan urbanisasi tidak bisa dicegah, karena itu hak dasar mereka untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi,” katanya.

Oleh karena itu, Untung mengkritisi pemerintah kabupaten/kota yang melakukan operasi yustisi kepada warga desa yang mengadu nasib di kota. Cara tersebut sangat tidak tepat karena tidak menyentuh pada pangkal persoalannya.

“Itu hanya langkah populis saja. Itu tadi titik tekannya, lebih baik pemda lakukan pertumbuhan ekonomi di desa-desa,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply