DPRD Berharap Iwa Bisa Diajak Kerja Sama

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari berharap Sekretaris Daerah Jabar yang baru dilantik Iwa Karniwa bisa diajak kerja sama dengan dalam pembahasan anggaran.

Seperti diketahui, DPRD dan Pemprov Jabar kini tengah membahas APBD murni 2016. Hal itu diungkapkan Ineu seusai menghadiri pelantikan Sekda Jabar, di Gedung Sate, Bandung, Senin (12/10).

Ineu menjelaskan, Sekda Jabar memiliki peranan penting dalam pembahasan APBD.

“Apalagi Sekda ini kan Ketua TAPD Jabar,” kata Ineu kepada Jurnal Bandung seusai pelantikan.

Dengan begitu, Ineu berharap target pembahasan APBD 2016 bisa selesai tepat waktu sehingga tidak mengganggu jalannya pembangunan.

Ineu juga mengatakan, Sekda memiliki peranan penting dalam mewujudkan jalannya pemerintahan yang transaparans. Terlebih, kata Ineu, Jabar telah berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualiaan (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sehingga harus dipertahankan.

Lebih lanjut Ineu pun berharap, Iwa mampu meningkatkan kinerja PNS di bawahnya. Kualitas PNS berpengaruh besar terhadap jalannya pembangunan pemerintah. Kinerja PNS ini, lanjut Ineu, bisa terlihat dari laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan (LAKIP).

Dengan begitu, kata Ineu, Iwa harus memperhatikan penilaian laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan (LAKIP).

“LAKIP ini harus diperhatikan Sekda,” ucapnya.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir menilai, telah dilantiknya sekda definitif ini akan memperlancar proses pembahasan APBD 2016.

“Segala program-program bisa mempunyai kekuatan penuh karena ada sekda definitif. Nantinya sekda bisa fokus untuk penyesuaian anggaran-anggarannya,” singkatnya.

Selain Ineu, hadir juga Wakil Ketua DPRD Jabar yakni Abdul Haris Bobihoe, Irfan Suryanagara, dan Haris Yuliana. Tidak hanya itu, sejumlah pimpinan fraksi dan anggota DPRD Jabar lainnya pun turut menghadiri seperti Syahrir, Agus Welianto, Yod Mintaraga, dan Waras Wasisto.

Leave a Reply