DPD Golkar Desak DPP Gelar Munaslub, Golkar Jabar Siap Jadi Tuan Rumah

Oleh : Yuga Khalifatusalam

JurnalBandung.com – Pasca Ketua Umum Golkar Setya Novanto tersandung kasus korupsi e-KTP dan statusnya sudah menjadi tersangka, DPD Golkar Jabar menuntut DPP Golkar menggelar Musyawarah Luar Biasa (Munaslub).

Ketua Soksi Jabar Yod Mintaraga mengklaim, seluruh DPD disetiap provinsi sudah sepakat menggelar Munaslub untuk mengganti posisi Setya Novanto sebagai orang nomor satu di partai berlambang pohon beringin.

“Kami bersepakat mendorong dan mendesak DPP untuk segera munaslub atau apapun namanya. Kalau ditunjuk jadi tuan rumah oleh DPP, tentu kami siap dan merasa terhormat,” katanya saat ditemui di kantor DPD Golkar Jabar, Senin (27/11).

Pergantian Ketua Umum Partai Golkar ini sangat sudah sangat mendesak, mengingat saat ini menurut Yos elektabilitas partai Golkar terus menurun.

“Apalagi kita akan menghadapi pilkada serentak dan pilpres,” katanya.

Ia menyontohkan, di Jawa Barat saja, ada 16 daerah yang menggelar Pilkada serentak, ditambah dengan Pilgub Jabar. Menurutnya, Partai Golkar menargetkan kemenangan di 10 daerah. Beberapa diantaranya bahkan sudah sepakat membangun koalisi dengan partai lain.

“Kepemimpinan nasional harus selesai, agar konsolidasi lebih mudah dan maksimal. Tidak bisa mengandalkan pelaksana tugas (Plt),” ucapnya.

Lebih jauh, dalam rekomendasi seorang calon kepala daerah harus berdasarkan pada legalitas ketua umum. Hal itu tentu tak hanya berimbas pada pencalonan di Pilkada Serentak, tapi juga kepada perolehan suara di Pilpres 2019 mendatang.

“Munaslub ini kebutuhan. Jabar kontribusinya besar untuk nasional. Tidak ada salahnya DPP menunjuk kami sebagai pelaksana Munaslub. Kami sebagai pengurus akan siap,” imbuhnya.

Leave a Reply