Dongkrak Popularitas Kerajinan Khas Sumedang, Netty Minta Dekranasda Manfaatkan Momentum PON

Oleh: Redaksi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

Jurnal Bandung – Ketua Dekranasda Jabar Netty Heryawan melantik Haneu Budi Eka Setiawan sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang sisa masa bakti 2013-2018, menggantikan Euis Ade Irawan yang diberhentikan secara hormat.

Pelantikan Haneu berdasarkan Surat Keputusan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat nomor 13/SK/DEKRANASDA/VIII/2016 tanggal 11 Agustus 2016. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Jumat (12/8).

Dengan dilantiknya ketua yang baru, Netty berharap, Dekranasda Sumedang dapat terus mengembangkan potensi kerajinan-kerajinan unggulannya, sehingga mampu menyerap tenaga kerja lokal yanng berimbas pada menurunnya jumlah pengiriman tenaga buruh imigran dari Sumedang.

Netty juga menekankan, penyelenggaraan kompetisi olahraga akbar empat tahunan, Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) ke XV pada September mendatang, dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak popularitas kerajinan khas Sumedang.

Terlebih, Sumedang terpilih menjadi tuan rumah 6 cabang olahraga (cabor) PON dan Peparnas.
Untuk itu, Netty berharap Pemkab Sumedang bisa memfasilitasi para pelaku industri kreatif, sehingga sukses ekonomi kerakyatan dapat terwujud secara maksimal.

“Pemda tolong bantu fasilitasi pengusaha industri kreatif, para petani, juga wisata sejarah di Kabupaten Sumedang ini. Libatkan juga mojang jajaka untuk menawarkannya,” kata Netty dalam siaran pers yang diterima jurnalbandung.com, Sabtu (13/8).

“Saya berharap Sumedang dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi 6 cabor yang dipertandingkan pada PON dan Peparnas September nanti,” sambung Netty.

Menjawab arahan Netty, Bupati Sumedang Eka Setiawan menuturkan, pihaknya siap menyukseskan pelaksanaan PON XIX dan Pemarnas XV. Dia pun berharap Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Sumedang mampu bekerja prima menonjolkan potensi-potensi khas Sumedang di ajang olahraga nasional tersebut.

“Ada 26 kecamatan, 276 desa, dan 1,2 juta penduduk di seluruh Kabupaten Sumedang dan semuanya memiliki potensi khas masing-masing. Insya Allah PON dan Peparnas dapat menjadi sarana mengembangkan popularitasnya,”  ungkap Eka.

Share This

Leave a Reply