Dongkrak Minat Baca, Pemprov Jabar Gandeng Semua Pihak

Oleh: Yuga

Jurnalbandung.com – Pemprov Jawa Barat akan berupaya mendongkrak minat baca masyarakat Jabar yang selama ini masih sangat rendah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan, Pemprov Jabar akan merangkul Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) agar minat baca masyarakat meningkat.

“Kami akan terus melakukan koordinasi soal bagaimana langkah ke depan, agar IKAPI bisa menyediakan literasi bacaan yang cukup utuk mendorong minat baca masyarakat,” ungkap Iwa seusai pelantikan pengurus IKAPI Jabar di Kota Bandung, Rabu (11/1).

Selain itu, Iwa juga mengatakan, Pemprov Jabar pun akan merangkul semua pihak, termasuk komunitas agar ikut dalam program gerakan mendorong minat baca masyarakat.

“Semua pihak, termasuk komunitas harus sama-sama meningkatkan minat baca di Jabar. Pemprov di sini wajib mendorong,” katanya.

Iwa pun berharap, masyarakat tidak lagi menyimpan buku hanya untuk sekedar pajangan.

“Seperti Alquran dan hadis, itu harus dibaca setiap hari tidak boleh hanya disimpan,” ucapnya.

Lebih jauh Iwa mengatakan, bila masyarakat ingin mengetahui kondisi dunia, maka harus terus meningkatkan minat baca.

“Buku adalah jendela dunia. Jadi, apabila ingin menguasai dan memahami dunia, bacalah buku,” pintanya.

Iwa yang juga menjabat Ketua Dewan Pembina IKAPI Jabar itu pun meminta IKAPI membuat program kongkret dan jelas agar minat baca masyarakat bisa meningkat.

“Alhamdulilah, semua media massa, seperti cetak, elektonik, dan online pun membantu menyajikan bacaan ke masyarakat,” pungkas Iwa.

Leave a Reply