Ditanya Soal Komunitas Gay di Garut, Ridwan Kamil Bakal Koordinasi Dulu dengan Bupati

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Mendengar kabar tentang komunitas gay di Kabupaten Garut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan mempelajari terlebih dahulu.

Komunitas gay di Garut ini memiliki anggota sebanyak tiga ribu orang di group laman Facebook.

“Saya mau kontak bupati. Memetakan dulu masalahnya,” ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (9/10).

Pria yang akrab disapa Emil ini enggan berkomentar banyak terkait kasus komunitas gay di Garut, namun menurut dia, pihaknya mengaku prihatin.

“Saya komit memberantas itu apalagi di level pelajar. Saya belum bisa komentar banyak. Hari ini saya kontak bupati garut. Saya prihatin,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, jika melihat jumlah anggota komunitas gay yang viral melalui media sosial Facebook memang mencapai lebih dari 2.500 orang. Angka tersebut bukan seluruhnya warga Garut, tetapi banyak anggota komunitas berasal dari luar Garut.

“Ini yang menjadi pemikiran kita, data yang kami peroleh sebenarnya sekitar 3.000 orang, dengan potensi penyebaran gay mencapai 12 ribu orang,” ujarnya kepada wartawan.

Menurutnya, kasus penyuka sesama jenis sudah diamati sejak 2015 lalu, dari tahun ke tahun peningkatan jumlah bergerak cepat. Sehingga, perlu dilakukan penanganan secara bersama-sama, secara berkesinambungan.

Leave a Reply