Dishub Jabar Antisipasi Kemacetan di Jalur Purwakarta dan KBB

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas menyusul pergeseran yang terjadi pada kontruksi Jembatan Cisomang.

Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar dan PT Jasa Marga untuk melakukan rekayasa lalu lintas dari arah barat ke timur maupun sebaliknya.

“Dari arah Jakarta ke Bandung untuk angkutan berat dialihkan ke pintu Jatiluhur, kemudian yang arah Bandung ke Jakarta keluar di pintu Cikamuning,” terangnya di Bandung, Jumat (24/12).

Dedi mengatakan, pihak Jasa Marga sendiri sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat lewat media hingga pesan pendek (SMS) terkait kondisi Jembatan Cisomang.

“Mobil pribadi masih jalan, cuma angkutan berat kita alihkan dulu,” katanya.

Menurut Dedi, selama masa perbaikan, pengalihan arus lalu lintas ini menuntut kesiapan jalur arteri yang akan dilewati kendaraan berat.

Dari laporan yang diterima pihaknya, kondisi jalan di Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak bermasalah, meski terdapat potensi kemacetan.

“Pasti akan terjadi kemacetan, tapi dominasinya angkutan berat saja, antisipasi tetap harus dilakukan. Nanti ada keputusan menteri, suratnya belum kita terima,” paparnya.

Leave a Reply