Dinilai Berkomitmen di Bidang Transportasi, Pemprov Jabar Sukses Raih Wahana Tata Nugraha

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Pemprov Jawa Barat kembali meraih penghargaan. Kali ini, penghargaan diterima dari bidang perhubungan darat, yakni Wahana Tata Nugraha Wiratama kategori Provinsi dari Kementerian Perhubungan.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar menerima penghargaan yang diserahkan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (31/1).

Penghargaan Wahana Tata Nugraha sendiri merupakan penghargaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi yang memiliki komitmen untuk membina, membangun, dan meningkatan kinerja dalam bidang bidang perhubungan.

Selain Pemprov Jabar, terdapat 10 provinsi lainnya yang menerima Wahana Tata Nugraha Wiratama Tahun 2016, yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, suatu sistem transportasi dapat diukur dari dua aspek, yakni kelancaran dan keamanannya.

JK, sapaan akrabnya menuturkan, kelancaran transportasi dapat ditinjau dari rata-rata kecepatan di jalan raya. Sementara terkait keamanan, sepanjang 2016 lalu, berdasarkan catatan kepolisian, terdapat kurang lebih 100.000 kasus kecelakaan transportasi dengan korban meninggal di jalan raya lebih dari 23.000 jiwa.

“Artinya masih banyak yang harus kita perbaiki dari sisi transportasi. Tentu ini tidak mudah karena setidaknya ada delapan faktor yang mempengaruhi baik buruknya sistem transportasi,” katanya.

Menurut JK, sejumlah faktor berpengaruh dalam hal transportasi, antara lain jumlah penduduk dan kendaraan yang terus meningkat serta faktor kawasan atau wilayah perekonomian. Artinya, kata JK, suatu kawasan yang ekonominya maju akan menjadi serbuan masyarakat, sehingga terjadi kepadatan.

“Maka infrastruktur transportasi yang menunjang perlu menjadi perhatian lebih. Pun selain hal tersebut, manajemen angkutan umum dan lalu lintas serta sosialisasi disiplin masyarakat juga menjadi hal yang perlu ditindak lanjuti,” papar JK.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengungkapkan, penghargaan ini sebagai motivasi sekaligus pemicu untuk terus memperbaiki pelayanan transportasi kepada masyarakat agar makin baik.

“Penghargaan yang diraih ini bukan sekedar seremonial saja. Hadirnya pelayanan transportasi yang prima ini penting karena transportasi ini sarana penghubung yang mendukung berkembangnya kemajuan ekonomi, sosial, dan juga demokrasi,” jelas Deddy.

Share This

Leave a Reply