Dinilai Baik, Aher Minta Teknologi Terobosan Warga Dikembangkan

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Penggunaan teknologi sangat dibutuhkan, terutama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Produktivitas dan daya saing akan meningkat jika aktivitas ekonomi masyarakat akrab dengan teknologi.

Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan seusai membuka gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Jabar yang digelar di Gedung Sate, Bandung, Jumat (27/5). Ajang ini memperlombakan hasil kreatifitas warga berbasis teknologi dari seluruh daerah di Jabar.

Heryawan menjelaskan, penggunaan teknologi yang baik dan benar akan memberi manfaat yang besar. Produktivitas serta efisiensi waktu dan biaya akan meningkat jika setiap kegiatan ekonomi masyarakat menggunakan teknologi yang baik.

“Teknologi sangat penting. Meningkatkan produktifitas, menekan biaya,” ucapnya.

Sebagai contoh, Gubernur yang akrab disapa Aher itu menyebut, industri pembuatan keripik di Jabar sudah cukup baik dan menjanjikan. Hal ini bisa tercapai berkat penggunaan teknologi dalam pembuatannya.

“Parudan, pisau. Dulu satu singkong lama marudnya, sekarang kan cuma berapa detik saja. Untuk produksi sekian kilogram, kalau pakai teknologi cukup dua menit, kalau manusia setengah jam. Kan beda jauh,” tuturnya.

Oleh karena itu, ajang TTG ini diharapkan mampu menjaring kreativitas terbaik yang lahir dari masyarakat. Menurutnya, kreativitas masyarakat Jabar tergolong baik. Hal ini terlihat dari banyaknya terobosan baru yang terlihat dalam TTG tahun ini.

“Sangat bagus. Semuanya bagus,” ucapnya.

Oleh karena itu, Aher meminta BPMPD Jabar memberi pembinaan terhadap teknologi hasil kreativitas warga. Selain memberi pelatihan agar kualitasnya terus meningkat, kreativitas masyarakat ini pun harus mendapat penghargaan sebaik-baiknya.

“Minta BPMPD melakukan pembinaan lebih lanjut. Jangan sampai teknologi tepat guna yang dimiliki masyarakat ini dibiarkan begitu saja,” ujarnya.

Lebih lanjut Aher mengatakan, TTG tingkat provinsi ini diikuti peserta dari masing-masing kabupaten/kota. Mereka merupakan pemenang TTG tingkat kabupaten/kota di masing-masing daerah.

Nantinya, pemenang TTG tingkat provinsi ini akan mewakil Jabar dalam TTG tingkat nasional yang akan digelar di Nusa Tenggara Barat, November mendatang. ”

Juara-juara di tingkat provinsi dibawa (dilombakan) di sana,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply