Dinas Lingkungan Hidup Nilai Pentingnya Sebuah Penghargaan Bagi Penggiat Lingkungan

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – KEPALA Bidang Konservasi Pengendalian Perubahan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Asep R. Lengkawa menilai pentingnya sebuah penghargaan bagi masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.

 
Menurut dia, dengan adanya sebuah penghargaan akan adanya rangsangan bagi yang lainnya agar lebih peduli terhadap lingkungan.

 
Asep mengatakan, penghargaan itu tidak terbatas yang bisa diberikan kepada sekolah, institusi, maupun lembaga swadaya masyarakat. Menurutnya, menanamkan kepedulian lingkungan justru harus dimulai dari lingkup pendidikan.

 

“Masyarakat masih kurang peduli terhadap kondisi lingkungan karena perkembangan kemajuan zaman. Kita dininabobokan sehingga tidak sadar akibatnya,” ujarnya dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri), Kamis (25/7).

 

Kerusakan lingkungan akibat penggunakan sampah plastik pun masih jadi pekerjaan rumah yang tak kunjung selesai. Daur ulang sampah dipilih sebagai upaya melestarikan lingkungan.

 

 

“Tapi, apakah generasi mendatang kepedulian soal lingkuan akan sama dengan kita? Makanya, kita perlu tanamkan sejak dini. Kita harus gerak cepat, jangan sampai kecepatan zaman ini menggerus keasrian lingkungan kita,” tuturnya.

 

SMA Negeri 2 Cibinong, Kabupaten Bogor mendapatkan penghargaan sekolah peduli lingkungan. Perwakilan SMA Negeri 2 Cibinong, Dijah Noeringtias mengatakan, tidak mudah untuk membiasakan siswa peduli terhadap lingkungan.

 

 

“Menjadi sekolah berwawasan lingkungan tidak gampang bahi kami. Pembiasaannya dimulai dari pemilihan sampah sampai siwa betul-betul peduli menjaga lingkungan sekolah. Kesadaran ini harus diimplementasikan juga di lingkungan masyarakat,” jelasnya

Share This

Leave a Reply