Dinas Bina Marga Jabar Waspadai Bencana Alam Saat Perayaan Natal dan Tahun Baru

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017, Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat akan menyiagakan personelnya untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas yang diakibatkan bencana alam, seperti longsor.

Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga Jabar M Guntoro mengatakan, pihaknya akan menyiagakan anak buahnya di enam balai. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sejumlah alat berat dan mendirikan posko komunikasi.

Menurut Guntoro, kerawanan saat perayaan Natal biasanya terjadi di pusat kota. Selain rawan macet, juga tak menutup kemungkinan terjadi bencana.

“Alat berat kami siapkan. Di Nagreg ada, di Puncak juga sudah disiapkan,” ujar Guntoro di Bandung, Senin (19/12).

Dia menyebutkan, sejumlah titik longsor terdapat di kawasan Jabar Selatan. Selain itu, jalur pantura pun menurutnya tidak dapat dipastikan aman.

Dia menyebutkan, jalur Cagak di Kabupaten Subang, Pangalengan di Kabupaten Bandung, serta Cisewu di Kabupaten Garut tetap harus di antisipasi dari kemungkinan terjadinya bencana alam.

“Kita antisipasi semua, termasuk macet karena banjir,” terangnya.

Hingga menjelang tutup tahun atau 31 Desember 2016 nanti, Dinas Bina Marga Jabar pun akan terus memperbaiki sejumlah ruas jalan yang masih rusak.

Guntoro pun menegaskan, kelancaran lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru di Jabar menjadi prioritas pihaknya.

“Perbaikan jalan terus, pas 31 Desember baru selesai. Jembatan juga kita pantau yang vital-vital,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply