Dikuasai Swasta, Perhutani Tak Boleh Kelola Gunung Tangkuban Perahu

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Di wilayah Bandung Raya, Perum Perhutani Divre Jabar hanya mengelola beberapa Taman Wisata Alam (TWA).
Kepala Departemen Perencana Pengembangan Bisnis Perum Perhutani Divre Jabar Banten, Cucu Suparman mengatakan, Taman Wisata Alam yang dikelola perhutani di antaranya Kawah Putih Rancaupas Ciwidey Kabupaten Bandung.
“Kalau yang dikelola oleh Perhutani itu Cikole termasuk Orchid Forest kemudian yang ada Grafika, untuk wilayah Selatannya ada Rancaupas, agak ke Timur ada Galunggung,” terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, dia menjelaskan, untuk gunung Tangkuban Perahu, itu dikelola oleh swasta secara keseluruhan. Menurut dia, pihak perhutani pun tidak bisa mengambil alih pengelolaan Gunung Tangkuban Perahu.
“Tangkuban perahu itu dulu memang oleh perhutani, sekarang dikelolanya oleh swasta, mungkin di Perhutani sudah tidak mengelola Tangkuban Perahu,” ujar Cucu, Jumat (16/8).
Diketahui, TWA Gunung Tangkuban Perahu kini dikelola oleh Graha Rani Putra Persada (GRPP). “Itu kebijakan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian LHK. Lepas, pengelolanya sudah murni swasta,” ujarnya.

Share This

Leave a Reply