Dicurhati Nelayan, Cagub Hasan Bakal Buat Asuransi Khusus Nelayan

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin alias Hasan menemui para nelayan di Pantai Jayanti, Kabupaten Cianjur, Rabu (25/4).

Para  nelayan tersebut mengeluhkan buruknya pembangunan tanggul pemecah ombak di Pantai Jayanti.

Salah satu nelayan bernama Dadam (49) mengeluhkan proyek yang dibangun oleh Pemprov Jabar itu seperti buang-buang uang negara. Tanggul yang dibangun cuma membelokkan arus pantai saja.

“Pembangunan proyek tersebut tanpa ada sosialisasi dulu dengan nelayan di sini. Tahu-tahu beres,” ungkap Dadam.

Mendengar keluhan tersebut, Cagub Hasan menilai seharusnya Pemprov Jabar terlebih dahulu berkomunikasi dengan nelayan di Jayanti. Contohnya pembangunan garasi kapal, seharusnya ada perhitungan matang. Total nelayan di Jayanti diketahui berjumlah 900 orang lebih, sehingga kebutuhan tempat bersandar kapal mereka harus berukuran besar.

“Struktur dermaga di Jayanti keliru. Ini harus direvisi, bentuk pemecah ombak dan sebagainya,” tegas purnawirawan jenderal bintang dua itu.

Di hadapan para nelayan, Hasan mengaku akan menyiapkan asuransi khusus nelayan ketika mereka gagal melaut karena cuaca buruk. Asuransi itu penting bagi mereka untuk tetap menyambung hidup ketika mata pencaharian terhenti sementara.

“Petani itu kalau gagal panen ada asuransinya. Kalau nelayan yah ketika gagal melaut, karena sebab alam,” ujar Hasan.

Mantan pengawal Presiden BJ Habibie itu berjanji, jika Allah berkenan menjadikannya gubernur, dia akan kembali lagi ke Jayanti.

“Saya tidak ingin membohongi. Masa saya wajah penipu. Tentara mah kalau iya, yah iya. Kalau tidak yah tidak,” tegasnya.

Share This

Leave a Reply