Di Kafe Ini, Pelajar Bisa Kongkow Sepuasnya dan Belajar Layaknya di Bimbel

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Inovasi dan kreativitas warga Kota Bandung memang tak perlu diragukan. Berbagai inovasi muncul, mulai dari konsep kuliner, belanja, hingga wisata. Belakangan, inovasi baru pun muncul, namun kini dalam bidang pendidikan.

Tak tanggung-tanggung, salah seorang warga Kota Bandung, Oki Earlivan membuat terobosan dengan menggabungkan konsep kafe dan bimbingan belajar (bimbel). Tujuannya, tak lain untuk menarik minat belajar, terutama bagi pelajar di Kota Bandung.

Ditemui jurnalbandung.com belum lama ini, Oki menuturkan, sekolah-sekolah formal selama ini menerapkan metode pembelajaran satu arah (one way learning) dimana guru memberikan pelajaran kepada siswanya di kelas dengan waktu yang terbatas.

Waktu dan tempat yang terbatas tak jarang membuat siswa kesulitan memahami pelajaran. Tak heran, kini banyak bermunculan lembaga-lembaga bimbel untuk membantu siswa memahami pelajaran di sekolah.

Namun, padatnya bahan pelajaran dari sekolah maupun bimbel yang harus dipelajari siswa, tak jarang juga membuat siswa stress. Menyikapi hal itu, Oki berinovasi menciptakan sebuah tempat alternatif yang menggabungkan konsep kafe dan bimbel.

Di tempat yang terletak di kawasan Dago, Kota Bandung ini, siswa bisa belajar sepuasnya. Kapan pun, di mana pun, dan dengan cara apa pun yang mereka sukai. Bahkan, jika ada yang kesulitan memahami pelajaran, di tempat ini pun, terdapat guru-guru berpengalaman. Tak tanggung-tanggung, sedikitnya ada 6 orang guru yang standby setiap harinya.

“Kami berupaya memberikan paradigma baru, metodologi pembelajaran yang memungkinkan siswa lebih tertarik untuk belajar,” ungkap Oki.

Tidak hanya itu, yang membuat lebih nyaman, tempat yang dirancang layaknya kafe ini buka hingga 24 jam. Sehingga, siswa pun bisa lebih leluasa belajar, pagi, siang, malam, bahkan subuh sekalipun.

Soal keamanan pun tak perlu dikhawatirkan karena tempat yang luasnya mencapai 1600 meter persegi ini dilengkapi fasilitas keamanan lengkap, mulai kamera CCTV hingga petugas keamanan.

“Siswa dititipkan di sini, jam berapa pun, yang penting anak belajar. Belajar tidak harus pagi, siang, atau sore, malah anak sekarang biasanya lebih “dapet” belajar malam. Kapan pun anak-anak mau belajar, kita open. Jadi gak harus terjadwal, yang gak terjadwal pun boleh,” tutur Oki yang kini juga menjabat Presiden Direktur Edu Global Indonesia, salah satu lembaga pendidikan ternama di Tanah Air.

Selain itu, tempat yang diklaim satu-satunya di Indonesia ini juga menyediakan spot-spot yang nyaman, bahkan dilengkapi juga ruangan untuk bermain games. Saat siswa merasa jenuh, mereka bisa bermain game sejenak. Dan setelah fresh, belajarnya bisa dilanjutkan.

“Di sini pun tentu kami terapkan sistem penilaian internal. Tapi secara eksternal, kami serahkan ke sekolahnya masing-masing,” katanya.

Share This

Leave a Reply