Di Hadapan Wali Kota Cotabato Filipina, Emil Tegaskan Warga Bandung Rukun dan Harmonis

Oleh: Bayu Wicaksana

Jurnalbandung.com – Untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Kota Bandung, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terus menjalin kerja sama dengan pemerintah kota-kota di luar negeri.

Setelah belum lama ini berkomunikasi dengan Pemerintah Kota Toyota, Jepang, Wali Kota yang akrab disapa Emil ini akan menjalin kesepakatan dengan Pemerintah Kota Cotabato, Filipina.

Emil berbincang langsung dengan Wali Kota Cotabato Cynthia J Guiani melalui sambungan video Skype, di Ruang Command Center, Kompleks Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, akhir pekan kemarin.

Dalam konferensi video tersebut, Emil memperkenalkan keragaman masyarakat di Kota Bandung. Sebagai kota yang berpenduduk mayoritas Islam, menurutnya, kehidupan masyarakat Kota Bandung yang rukun dan harmonis tetap terjaga.

Meski begitu, Emil tidak ragu untuk belajar kerukunan beragama kepada Cotabato. Sebab, di daerah itu pun kerukunan antarumat beragamanya tercipta dengan baik.

Emil menyebut, Cotabato dijadikan percontohan olehnya dalam meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

“Jadi percontohan. Mereka bisa menunjukkan Islam minoritas di Filipina, tapi bisa berkembang, enggak masalah,” katanya.

Emil pun mengaku, ingin menunjukkan ke mata internasional, khususnya Filipina akan kerukunan umat beragama di Tanah Air.

“Dulu saya juga pernah ke Filipina, pidato di Universitas Manila. Mari kita bawa Islam yang baik, Islam yang dialogis,” katanya.

Untuk merealisasikannya, Emil berencana mengundang Wali Kota Cotabato ke Bandung pada Mei mendatang.

“Untuk kerja sama, juga untuk pengembangan pendidikan dan wisata,” sebut Emil.

Leave a Reply