Dewan Dorong Penggunaan Silpa 2013

foto net
foto net

Jurnal Bandung- DPRD Jawa Barat menilai sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) Pemerintah Provinsi 2013 harus segera disalurkan untuk menunjang pembangunan pada 2014 ini. Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanagara mengatakan, silpa tersebut salah satunya bisa digunakan untuk menutupi defisit anggaran 2014 yang jumlahnya mencapai Rp 1,2 triliun.

Irfan menjelaskan, Badan Anggaran DPRD Jabar bersama TAPD akan menyusun program-program pada bulan perubahan anggaran 2014 ini. Nantinya, program tersebut akan menggunakan silpa 2013 sebagai sumber pendanaannya.

Selain itu, lanjut Irfan, silpa pun akan digunakan untuk pemberian bantuan bagi kabupaten/kota di Jabar. “Nilainya (Rp) 2 triliun, akan dibagikan ke kabupaten/kota,” kata Irfan seraya mengatakan silpa 2013 pun akan digunakan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur.

Lebih lanjut Irfan katakan, pada 2015 mendatang, pihaknya berkonsentrasi pada pembangunan sejumlah infrastruktur, salah satunya terkait persiapan Pekan Olahraga Nasional 2016 di Jabar. “2015 menitikberatkan pada venue PON, di mana kita akan jadi tuan rumah,” katanya.

Selain itu, DPRD Jabar pun fokus pada pembangunan pelayanan masyarakat seperti di bidang pendidikan dan kesehatan. Menurut Irfan, sejumlah ruang kelas baru dan berbagai penunjang pendidikan lainnya akan terus dibangun pada 2015 mendatang.

“Juga (pembangunan) di bidang pangan yang akan disoroti,” katanya. Irfan menjelaskan, pendapatan asli daerah Jabar terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya.

“PAD Jabar sekarang terus meningkat, hampir (Rp) 13 triliun. Lima tahun lalu PAD di posisi (Rp) 5-6 triliun, jadi peningkatannya cukup signifikan,” pungkasnya.

Leave a Reply