Desember 2015, Jabar Gelar 8 Pilkada Serentak

Oleh: Redaksi

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak dipastikan berlangsung pada Desember 2015 mendatang, menyusul kesepakatan pemerintah pusat dan DPR dalam pembahasan rancangan undang-undang (RUU) Pilkada.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan, dengan selesainya pembahasan RUU Pilkada tersebut, jumlah daerah di Jabar yang akan menggelar pilkada serentak menjadi delapan kabupaten/kota.

Hal ini dikarenakan masuknya tiga daerah tambahan ke dalam pilkada serentak, meskipun masa jabatan kepala daerahnya habis pada semester pertama 2016. Ketiga daerah tersebut yakni Kota Depok, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Yayat menjelaskan, sesuai pasal 201 Undang-Undang Nomor 1/2015, pemungutan suara yang digelar Desember tahun ini dilakukan untuk pemilihan kepala daerah yang masa jabatannya habis pada 2015 dan semester awal 2016.

“Jadi tidak masalah, delapan kabupaten/kota di Jabar sudah siap menyelenggarakan pilkada,” kata Yayat kepada Jurnal Bandung, Kamis (19/2).

Namun, Yayat mengakui, pihaknya belum mengetahui tanggal pasti pelaksanaan pilkada serentak ini. Meskipun begitu, pihaknya akan memanfaatkan sisa waktu 10 bulan untuk menyiapkan pilkada serentak ini. Pihaknya pun optimistis pelaksanaan pesta demokrasi ini akan berjalan lancar.

“Saya yakin bisa, yang penting sekarang delapan KPU di kabupaten/kota bersinergi dengan KPU Jabar,” tuturnya.

Lebih lanjut Yayat mengatakan, pilkada serentak di Jabar ini diprediksi menghabiskan anggaran hingga Rp320 miliar. Menurutnya, setiap daerah diperkirakan menghabiskan dana Rp40 miliar.

“Jadi kalau kita kalikan delapan (kabupaten/kota) bisa menghabiskan Rp 320 miliar,” sebutnya.

Yayat melanjutkan, anggaran untuk keperluan tersebut berasal dari APBD masing-masing kabupaten/kota. Namun, menurut dia, tidak menutup kemungkinan adanya bantuan dana dari pemerintah provinsi.

“Biasanya akan ada bantuan dari pemprov, tapi tidak besar karena ini dibebankan pada daerah masing-masing,” ucapnya.

Dari delapan daerah, Yayat menyebutkan, hanya Cianjur yang belum siap mengalokasikan anggaran untuk pilkada serentak ini.

“Tapi saya yakin Cianjur juga bakal mengikuti pilkada serentak tahun ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, lima kabupaten/kota lain yang akan menggelar pilkada serentak adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Pangandaran.

Share This

Leave a Reply