Deddy Mizwar: Jokowi Harus Turun Tangan Atasi Banjir Jakarta

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, untuk mengatasi banjir Jakarta, dibutuhkan Peraturan Presiden (Perpres) yang khusus menangani banjir di ibu kota.

“Akan lebih efektif dengan Perpres, karena ini bicara menyelamatkan ibu kota negara,” ujar Deddy kepada Jurnal Bandung di Gedung Sate, Bandung, Rabu (11/2).

Menurut Deddy, anjurannya tentang Perpres bukan tanpa alasan. Pasalnya, kata Deddy, saat mencalonkan diri menjadi presiden, Jokowi sempat mengatakan bahwa banjir Jakarta akan lebih cepat terselesaikan jika beliau menjadi Presiden.

“Soal bentuk dan teknis Perpresnya seperti apa, itu urusan dia,” katanya.

Deddy menyebutkan, sejumlah upaya telah dilakukan untuk mengatasi banjir Jakarta, salah satunya melalui penandatanganan kesepakatan Katulampa, Januari 2014 lalu yang melibatkan Pemprov Jabar, DKI Jakarta, Pemkab Bogor, kementerian terkait, dan lainnya.

“Ketika itu, Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta,” sebutnya.

Dia menilai, kesepakatan tersebut belum berjalan maksimal. Meskipun begitu, Pemprov Jabar telah melaksanakan kesepakatan tersebut mulai dari penanaman pohon vegetasi di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung sepanjang 10 kilometer, revitalisasi situ-situ, dan lain-lain.

“Teken sana sini tapi gak dikerjain, rapat mulu tapi Belanda masuk juga,” ucapnya menyindir.

Share This

Leave a Reply