Deddy Mizwar Ingin Replikasikan Industri Kreatif Australia Selatan di Jabar

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Plh Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku membawa banyak pengalaman setelah mengunjungi Adelaide, Australia Selatan.

Menurutnya, di Australia Selatan, banyak hal-hal kreatif yang bisa dikembangkan di Jabar. Bahkan, Deddy mengatakan, pihaknya kini menyiapkan konsep dan langkah untuk kerja sama ekonomi, khususnya di bidang industri kreatif.

“Positif pokoknya, termasuk rencana bidang seni-budaya, hasil pertemuan dengan Menteri Kesenian Australia Selatan,” ungkap Deddy dalam keterangan resmi yang diterima Jurnal Bandung, Minggu (27/9).

Di Australia, Deddy bertemu dengan Menteri Kesenian Australia Selatan Jack Snelling. Deddy yang juga budayawan itu mengatakan, delegasi yang dipimpinnya memaparkan kekayaan seni-budaya Jabar sebagai dasar pengembangan ekonomi kreatif.

“Saya katakan kepada Mr Snelling bahwa Jabar memiliki 391 jenis seni-budaya. Jabar juga memiliki 1.739 cagar budaya. Salah satu yang sudah mendunia adalah angklung,” sebut Deddy.

Deddy melanjutkan, di Jabar, industri kreatif yang mulai berkembang seperti animasi dan fashion. Sementara di Australia Selatan, kemajuan seni kontemporernya tak terbantahkan. Bahkan, mereka berhasil memaparkan produk seni budayanya yang kini jadi andalan devisa.

Dengan keunggulan itu, jajaran Kementerian Kesenian Australia Selatan membuka kesempatan bagi pihak terkait di Jabar untuk mengikuti serangkaian pelatihan manajemen seni, teknis kepegawaian, dan pertukaran tenaga profesional.

“Kita harus mereplikasi industri kreatif Australia Selatan yang sudah berjalan sangat baik. Dengan cara inilah kita upayakan agar kekayaan seni-budaya yang ada berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat Jabar,” papar Deddy.

Leave a Reply