Deddy Mizwar: 40.000 Orang Masih BAB di Sekitar Hulu Sungai Citarum

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan, sekitar 40.000 orang masih buang air besar (BAB) di sekitar hulu Sungai Citarum.

Mereka membuang langsung kotorannya ke daerah aliran sungai (DAS) Citarum. Lebih dari 100 ton kotoran dibuang ke sungai terpanjang di Jabar itu.

Menurut Deddy, hal itu merupakan contoh kecil. Pasalnya, masih banyak masyarakat di daerah lain yang langsung membuang kotorannya langsung ke DAS Citarum.

Kondisi tersebut, lanjut Deddy, tak lepas dari minimnya kesadaran masyarakat. Banyak masyarakat yang masih menganggap sepele kesehatan. Padahal, kata Deddy, kesehatan merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan.

“Kesehatan ini sangat penting karena jika tidak sehat bisa mengakibatkan rawan gizi. Seberapa pun bagusnya pendidikan, jika tidak ditunjang dengan kesehatan tidak ada artinya,” jelas Deddy kepada Jurnal Bandung, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (17/11).

Meskipun begitu, Deddy optimistis Jabar akan menjadi provinsi tersehat seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakatnya.

“‎Dimulai dari Jabar karena Jabar adalah provinsi terbesar. Kalau jadi contoh yang bagus, kita mulai dari Jabar. Dari Jabar bisa jadi inspirasi untuk provinsi lain,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Deddy Mizwar memberikan penghargaan kepada 15 Forum Kabupaten/Kota Sehat. Deddy mengatakan, penghargaan merupakan wujud komitmen pemerintah kabupaten/kota dalam memperhatikan kesehatan di daerahnya masing-masing.

“Yang sudah mendapatkan penghargaan ada 15 kota/kabupaten, sekarang ada 2 kota/kabupaten yang sedang diverifikasi,” sebut Deddy seraya mengapresiasi daerah yang telah menerima penghargaan.

Share This

Leave a Reply