Datang Ke Kampung Produksi Rotan, Cagub Hasan Siap Perluas Pemasaran

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Cagub Jabar TB Hasaudin mengunjungi pengrajin rotan di Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Hasan iniĀ  menyampaikan kesiapannya untuk memperluas pemasaran hasil produksi rotan secara lebih luas, bukan hanya dalam negeri, tetapi juga mancanegara.

“Tempat ini sangat potensial bagi berkembangnya lapangan kerja bagi masyarakat Cirebon, melalui industri kreatif rotan, sehingga pemerintah harus hadir dan mencarikan solusi atas kendala yang dihadapi,” ujarnya usai blusukan di Kampung Produksi Rotan, Desa Tegal Wangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jumat (20/4/2018).

Hasan menjelaskan, melalui program Bogagawe, yang akan digulirkan bersama pasangannya Anton Charliyan (Anton), pengusaha rotan dan berbagai pelaku industri rumahan di Jawa Barat, akan dibantu permodalan untuk mengembangkan usahanya, baik melalui koperasi, maupun Bank daerah Jawa Barat.

“Jika ini terus berkembang dengan skala yang lebih besar, berapa lapangan kerja yang akan tercipta, dan akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Sumarca, salah satu pengusaha rotan berpesan, agar Cagub Hasan terus mempertahankan eksistensi produksi rotan di Kabupaten Cirebon, ketika menjadi Gubernur Jawa Barat terpilih nanti. Menurutnya, industri rotan di daerahnya sangat potensial untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan, yang memerlukan dukungan optimal dari pemerintah daerah

“Kang Hasan dan Kang Anton sebagai Purnawirawan Jendral Kami yakin akan mampu mempertahankan Industri rotan agar jangan sampai hilang, ekspor bahan baku jangan sampai lolos dan tidak terjadi penyelundupan.” ungkapnya

Share This

Leave a Reply