Darurat Bencana, Pemprov Jabar Salurkan Bantuan bagi Warga Kabupaten Kuningan

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa menyatakan, Kabupaten Kuningan kini berada dalam status darurat bencana.

Penetapan status tersebut menyusul peristiwa banjir besar akibat luapan Sungai Cijangkelok, Minggu lalu. Banjir setidaknya merendam permukiman di enam desa di Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Minggu (22/1).

Menurut Iwa, Pemprov Jabar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar dan Dinas Sosial (Dinsos) Jabar sudah melakukan evakuasi dan menyalurkan bantuan logistik bagi warga terdampak banjir tersebut.

Dijelaskan Iwa, status darurat bencana didasari pernyataan Bupati Kuningan Acep Purnama yang menyebutkan kabupaten yang dipimpinnya tengah dalam situasi darurat bencana. Pernyataan tersebut disampaikan resmi kepada Pemprov Jabar.

Dalam surat itu pun, lanjut Iwa, Pemkab Kuningan mengajukan dana rehabilitasi dan rekontruksi pascabencana di Kabupaten Kuningan, baik banjir maupun longsor.

“Kami sudah meminta BPKAD mempelajari dan mengusulkan ke Pak Gubernur agar bencana di Kuningan bisa dibahas dalam APBD Perubahan 2017 nanti,” ungkap Iwa di Gedung Sate, Senin (23/1).

Pihaknya belum bisa menyebutkan nilai kerugian yang diderita Kabupaten Kuningan akibat peristiwa tersebut. Berdasarkan laporan BPBD Jabar, kerugian tersebut masih dihitung, termasuk mendata warga yang menjadi korban.

Namun, menurut Iwa, di satu dusun di Desa Cibingbin saja, terdapat 57 unit rumah terendam yang dihuni 60 kepala keluarga dan 198 jiwa. Selain itu, dilaporkan pula adanya indikasi sejumlah hewan ternak yang hanyut terseret banjir.

Sementara itu, Kepala Dinsos Jabar Arifin H Kertasaputra menyebutkan, Pemprov Jabar telah menyalurkan bantuan senilai Rp140 juta bagi korban banjir di Kabupaten Kuningan. Anggaran bantuan tersebut berasal dari APBD 2017.

Bantuan tersebut berupa sembako, kasur, pakaian, dan obat-obatan serta keperluan keluarga lainnya yang saat ini sangat dibutuhkan korban.

Share This

Leave a Reply