Dampak Pembangunan RKB, Siswa Tahun Ini Meningkat 1,9 Juta

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Pemerintah provinsi Jawa Barat kembali memberikan bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) kepada sekolah swasta. Kali ini yang mendapatkan bantuan RKB adalah STID Sirnarasa di Kampung Ciceurih Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, sebetulnya anggaran yang diberikan untuk Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) ini hanya cukup untuk tiga kelas, karena anggarannya hanya diberikan sebesar Rp 300 juta.

“Tapi alhamdulillah dengan anggaran sebesar Rp 300 jt, cukup untuk membangun 4 bangunan. selain itu kokoh bangunannya,” kata Ahmad Heryawan saat ditemui disela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Ciamis, Kamis (6/4).

Pria yang akrab disapa Aher ini menjelaskan  untuk pembangunan RKB dimulai dari tahun 2011 sampai tahun ini sudah mencapai 25 ribu RKB.

“Dampak dari pembangunan RKB ini, ada peningkatan murid SMA, SMK dan Aliyah. Murid di Jawa Barat dari 850 ribu tapi tahun 2016 meningkat menjadi 1,9 juta siswa,” jelasnya.

Aher menyatakan, pembangunan RKB yang terus menerus dilakukan sebagai bukti perhatian pemerintah provinsi terhadap dunia pendidikan di Jawa Barat.

“Ini dampak keberpihakan kita terhadap sekolah, khususnya bantuan ruang kelas baru (RKB) yang alhamdulillah diserap oleh Swasta, oleh Negeri hanya 25 persen saja, efektif dan Alhamdulillah dimana mana bantuan ruang kelas baru itu diterima dan menjadi stimulus untuk para pengelola sekolah untuk mengembangkan sekolah masing masing,” katanya.

Share This

Leave a Reply