Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman, Forum Jaga Lembur Bela Bandung Dibentuk

Oleh: Ferry Prakosa

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Berbagai macam cara ditempuh untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga Kota Bandung. Salah satunya, Pemkot Bandung mendeklarasikan Forum Jaga Lembur Bela Bandung yang melibatkan organisasi masyarakat di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, membela negara tidak bisa hanya mengandalkan aparat berwenang.

“Di Bandung ingin membuktikan ormas-ormasnya kompak. Warna beda-beda, tapi sepakat ingin membuat forum komunikasi menjaga Bandung,” ucap wali kota yang akrab disapa Emil ini di Balai Kota Bandung, Rabu (24/12).

Emil menambahkan, pembentukan Forum Jaga Lembur Bela Bandung ini muncul dari keinginan sejumlah ormas yang ingin bersama-sama menciptakan Bandung yang aman dan nyaman.

“Nantinya forum ini akan bertugas di tingkat RW dan RT. Jadi kalau ada apa-apa di level RT dan RW, organisasi ini akan mencegah timbulnya konflik,” jelas Emil.

Ditanya soal dana pembentukan forum ini, Emil menyatakan, Pemkot Bandung tidak mengeluarkan uang dalam kegiatan ini, meskipun ormas sangat erat kaitannya dengan dana bantuan sosial (bansos) dan hibah.

“Dari awal sudah diingatkan membangun Bandung dengan bekerja tidak dengan proposal,” tegasnya.

Dengan begitu, lanjut Emil, kondusifitas pembangunan di Kota Bandung dapat dijaga dan dikendalikan secara prefentif oleh masyarakatnya sendiri.

“Jadi nanti anggota ormas yang tergabung dalam forum ini bisa melakukan koordinasi dengan Brigadir RW saat ada gejala yang kurang baik. Jadi ini (Forum Jaga Lembur Bela Bandung) hanya mencegah saja,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply