Cegah Korupsi Secara Nyata, KPK Akan Gandeng Para Sekda

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggandeng para sekretaris daerah agar pencegahan korupsi di daerah bisa dilakukan secara nyata.

“Tidak lagi tanda tangan rame-rame, tapi lebih pada penyusunan rencana aksi nyata. Kita akan berikan konsultasi dan pendampingan langsung,” ungkap Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan di Bandung, Kamis (3/11)

Pahala memaparkan, KPK secara khusus kini sudah mengubah pendekatan yang bersifat mengimbau dengan terjun langsung ke daerah untuk 3-4 tahun ke depan. Diakuinya, ada daerah yang sudah menyusun rencana aksi namun tidak ada kemajuan.

“Ada sekdanya yang kita panggil ke Jakarta. Ada daerah, kalau komit kita bantu fasilitasi, jangan pura-pura,” ujarnya.

Pahala mengatakan, KPK pun memandang Jabar secara khusus dibandingkan provinsi lain. Menurutnya, kebijakan yang sudah digulirkan Pemprov Jabar akan membantu daerah lain.

Dalam kesempatan tersebut, Pahala juga memastikan jika Pemprov Jabar akan kerepotan menerima kunjungan sejumlah gubernur yang akan mereplikasi kebijakan TPP, PTSP, dan e-Samsat.

“Kita atur jadwal beberapa gubernur ke Jawa Barat. Saya tahu pasti TPP barang wajib yang kita dorong untuk diimpelementasikan daerah. Nanti gubernurnya akan datang ke sini,” tuturnya.

Terkait penerapan rencana aksi di 27 kabupaten/kota di Jabar, Pahala memastikan, setelah rencana aksi disusun, pihaknya akan datang memantau penerapan di daerah.

“Kami bukan superman tapi kami serius koordinasi,” tegasnya.

Leave a Reply