Cagub Jabar Sudrajat Bakal Bangun Perumahan Vertikal di Jabar

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com –  Penyediaan lahan perumahan murah jadi salah satu perhatian calon gubernur Jabar nomor urut tiga Sudrajat. Menurut Sudrajat, saat ini lahan di Jawa Barat semakin mahal sehingga model perumahan harus dievaluasi kembali.

“Perumahan di Jawa Barat, lahan semakin mahal dan terbatas sehingga mungkin model perumahan, konstruksi. Tata letak perumahan juga harus dievaluasi kembali,” kata cagub Jabar yang diusung Partai Gerindra, PKS, dan PAN itu.

Menurut Sudrajat, suatu saat nanti di kota dari radius lima sampai 10 kilometer tidak boleh ada landed house. Warga, lanjut dia, membangun rumah susun vertikal.

“Pembangunan permukiman dan perkantoran akan difokuskan pada pembangunan hunianvertikal. Radius lima sampai 10 Km misalnya, tak boleh ada landed house,” terang Sudrajat yang berpasangan dengan Ahmad Syaikhu itu.

Selain perumahan, penyediaan air minum skala metropolitan, pembangunan drainase dan air limbah skala metropolitan, jadi perhatian Sudrajat.

Pun pembangunan pengolahan sampah kawasan metropolitan BODEBEK, Bandung Raya, Cirebon Raya, dan pembangunan kawasan perkantoran hijau terpadu kompleks pemerintahan Provinsi Jabar di Walini, Bandung Barat.

Sudrajat mengatakan, di bidang pangan, perlu pengaturan tata ruang pertanian bersama pemerintah pusat untuk membatasi perubahan lahan pertanian menjadi industri.

Leave a Reply