Cagub Hasan Siap Pertaruhkan Nyawa Demi Menjaga Kebhinekaan di Jawa Barat

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Salah satu provinsi terbesar di Indonesia, provinsi  Jabar memiliki berbagai macam golongan, baik itu agama, ras dan suku. Sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin di Jawa Barat harus bisa merangkul seluruh masyarakat Jawa Barat tanpa pandang bulu.

Cagub Jabar TB Hasanuddin alias Hasan, siap menjadikan Jabar tetap kondusif, dengan cara tetap menjaga semangat bhineka tunggal Ika yang selama ini terjaga di Jawa Barat.

Dia mengatakan, kebergaman tersebut, merupakan karakter penting dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang harus terus dijaga sebagai simbol kekuatan bangsa.

“33 tahun saya mengabdi menjaga NKRI dan menjaga Pluralisme.  Saya akan pertaruhkan hidup saya menjaga pluralisme dan persaudaraan kita, karena pada hakikatnya Bangsa Indonesia adalah satu kesatuan,” ungkap Purnawirawan Jendral TNI AD itu, dihadapan ribuan masyarakat NTT di Jawa Barat.

Pria yang juga pernah bertugas di NTT tersebut, mengungkapkan rasa bangganya sekaligus terharu, bisa kembali berkumpul bersama masyarakat NTT yang ada di Jawa Barat. Seni dan Budaya NTT, lanjut Hasan, merupakan salah satu identitas dan karakter bangsa Indonesia yang tidak boleh hilang dan harus tetap dilestarikan.

Menurut mantan anggota Komisi satu DPR RI itu, Indonesia tak akan lengkap tanpa kehadiran masyarakat NTT.

“Indonesia bukan Indonesia lagi tanpa budaya dan seni NTT, saya yakin karakter itu akan terus dibawa oleh masyarakat NTT dimanapun saudara berada termasuk di Jawa Barat,” terangnya.

Leave a Reply