Cagub Ajat Sebut Perbedaan Bukan Sumber Perecahan

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Cagub Jabar nomor urut tiga Sudrajat berbicara mengenai perbedaan yang beraneka ragam di Jawa Barat. Menurutnya,  keragaman etnik, budaya dan agama harus menjadi modal pembangunan dan jangan jadi sumber perpecahan yang menghalangi lajunya roda pembangunan bangsa.

“Untuk itulah, pemerintah pusat dan daerah hadir mengurusi kehidupan umat beragama dengan meregulasi polapola tata hubungan antar umat beragama, internal umat beragama, dan antar umat beragama dengan pemerintah,” kata Sudrajat.

Menurut Sudrajat, pemerintah pun hadir dalam penyiapan sumber daya manusia untuk melakukan pembinaan kehidupan keagamaan terhadap umat beragama. Dengan demikian, konflik horisontal bisa diminimalisasi sehingga lebih menonjol harmonisme dan kebersamaannya dibanding konflik dan ketegangannya.

“Adalah tugas Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mewujudkan tercapainya masyarakat harmonis di Jawa Barat,” kata cagub Jabar yang berpasangan dengan Ahmad Syaikhu itu.

Sudrajat menambahkan, terwujudnya masyarakat harmonis di Jawa Barat akan tergambar dengan terpeliharanya eksistensi agama atau ajaran-ajaran yang ada dalam masyarakat sesuai dengan Pancasila.

“Kemudian terpelihara dan terjaminnya keamanan, ketertiban, dan keselamatan, tegaknya kebebasan berpikir yang jernih dan sehat terbangunnya eksistensi kekeluargaan yang tenang dan tenteram dengan penuh toleransi dan tenggang rasa, serta terbangunnya kondisi daerah yang demokratis, santun, beradab serta bermoral tinggi,” kata cagub yang diusung Partai Gerindra, PKS, dan PAN itu.

Share This

Leave a Reply