Bulan Menanam Pohon Nasional, CCAI Donasikan 20.000 Pohon untuk Konservasi Hulu Sungai Citanduy

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – PT Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) melalui program Coca-Cola Forest kembali membuktikan komitmennya dalam upaya pelestarian lingkungan dan konservasi air lewat program donasi pohon.

Selama Desember yang diperingati sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional, CCAI secara bertahap menyerahkan 20.000 pohon sebagai upaya restorasi hulu Sungai Citanduy, Desa Guranteng, Tasikmalaya.

Donasi pohon tersebut secara langsung diterima oleh Asep Hidayat selaku penggiat sekaligus Ketua LSM Gerakan Lestari Alam Terpadu (Geliat) serta perwakilan warga Kampung Cikadu, Desa Guranteng, Tasikmalaya, Kamis (15/12).

Asep mengatakan, Sungai Citanduy kerap disebut sebagai Cikal Mata Air Abadi yang membentang melalui dua kabupaten, yakni Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka serta dua wilayah kota, yakni Tasikmalaya dan Banjar.

Sejak ratusan tahun lalu, ungkap Asep, air Sungai Citanduy telah dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memenuhi berbagai kebutuhan, khususnya sebagai air minum dan irigasi.

“Kualitas air Sungai Citanduy masih terbilang bagus karena belum tercemar limbah industri. Mempertahankan kondisi ini tentu tidak mudah. Diperlukan kerja sama yang sinergis antara penggiat, masyarakat, pemerintah, serta pihak industri, agar kawasan yang masih asri ini jangan sampai berakhir bencana,” terang Asep.

Sementara itu, Public Affairs and Communication Officer CCAI Djachri Surachman mengungkapkan, selama kurang lebih satu tahun terakhir, CCAI melalui program Coca-Cola Forest telah aktif mendukung aktivitas LSM Geliat dalam upaya konservasi hulu Sungai Citanduy yang fokus pada kegiatan penanaman pohon.

Menurutnya, Coca-Cola Forest menggunakan konsep dasar perawatan pohon dimana bibit pohon ditumbuhkan hingga cukup kuat hingga berusia lebih dari enam bulan untuk dipindahkan ke daerah-daerah konservasi air terpilih.

Djachri mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan LSM Geliat bersama para warga Cikadu dibagi ke dalam tiga blok lahan yang disebut sebagai ring dua karena letaknya yang berada di kawasan perkampungan.

Perusahaan minuman ringan berkarbonat itu kini memfokuskan donasi pohonnya untuk penghijauan di Blok Pasir Jambe, sebagai salah satu blok besar yang ada di ring dua. Jenis pohon yang sudah ditanam pun bermacam-macam, mulai dari albasiah, trembesi, hingga mahoni uganda.

“Program Coca-Cola Forest merupakan perwujudan komitmen kami untuk tumbuh bersama dengan daerah di mana kami beroperasi sebagai bisnis yang bertanggung jawab. Melalui kegiatan donasi dan penanaman pohon yang selama ini dijalankan di hulu Sungai Citanduy, kami berharap pemerintah dan masyarakat dapat bersinergi melestarikan lingkungan tempat tinggalnya,” pungkasnya.

Leave a Reply