Bisnis Atribut Kemerdekaan Cukup Menjanjikan

Oleh: Taufik Hidayat

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Menjelang peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus mendatang, di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bandung banyak ditemui pedagang atribut hari kemerdekaan.

Mang Iim Kumis, pedagang atribut hari kemerdekaan asal Garut adalah satu dari ratusan warga yang kreatif mengais rejeki menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-70 Republik Indonesia ini.

“Saya sudah mangkal di sini sejak 1 Agustus lalu berjualan atribut ini,” ungkap Mang Iim di sela-sela melayani pembeli di pangkalannya, di Jalan Surapati, Kota Bandung, Rabu (12/8).

Selama tiga tahun berturut-turut, lelaki paruh baya ini mengaku mendapat penghasilan yang cukup menjanjikan.

Pantauan Jurnal Bandung, sepekan menjelang HUT ke-70 Republik Indonesia, di Kota Bandung memang marak pedagang yang menjajakan berbagai atribut hari kemerdekaan.

Berbagai atribut seperti bendera merah putih, umbul-umbul, kain merah putih penghias gedung, dan aneka ukuran bambu untuk tiang atribut dan bendera dijajakan pedagang yang biasanya mangkal di ruas-ruas jalan protokol di Kota Bandung.

“Kami jualan di sini sampai malam hari H tanggal 17 Agustus, harga di sini mulai dari Rp25.000 sampai Rp300.000,” pungkas Iim.

Dengan hasil menjanjikan yang diterima Iim, bisa diartikan jika masyarakat, khususnya warga Kota Bandung masih menghargai jasa-jasa pahlawan dalam merebut kemerdekaan, 70 tahun silam.

Meskipun tidak dilakukan lewat upacara atau berziarah ke makam pahlawan, setidaknya mereka memasang bendera merah putih atau atribut hari kemerdekaan lainnya sebagai simbol penghormatan bagi para pejuang kemerdekaan.

Share This

Leave a Reply