Berperan Besar Bentuk SDM Berkualitas, Aher Nilai PTS Perlu Perhatian Lebih

Oleh: Yuga Khalifatusalam

‪Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menilai, keberadaan perguruan tinggi swasta (PTS) sudah membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Oleh karena itu, Gubernur yang akrab disapa Aher ini menyatakan, peran PTS sangat penting. Apalagi, sekolah-sekolah swasta pun kini banyak yang menjadi sekolah pavorit.

‪Menurutnya, peran pendidikan sangat penting untuk membentuk SDM. Dengan begitu, kemajuan bangsa pun akan lebih pesat jika didorong dengan SDM yang mumpuni.

“Pendidikan adalah supraesensial, tidak pernah mungkin ada kemajuan sebuah bangsa, kecuali dimulai dari pendidikan,” ungkap Aher seusai menghadiri  acara Musyawarah Kerja Nasional II 2017 Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) di Bogor, Selasa (28/2).‬

‪Menurut Aher, sekolah swasta pun sejak dulu sudah berperan aktif dalam proses kebangkitan nasional. Sebab, gagasan-gagasan sebuah negara dulu lahir pada sistem yang kini diadopsi oleh sekolah-sekolah swasta, yang notabene tanpa adanya suntikan bantuan apapun dari pihak manapun.

‪Untuk menjadikan hal itu tetap tumbuh dalam pendidikan nasional, Aher menilai perlu adanya sebuah pemerataan kualitas dan juga perhatian untuk sekolah maupun guru sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Pasalnya, pendidikan merupakan hak warga negara Indonesia yang dijamin oleh konstitusi.

‪”Pendidikan milik bersama, hak bersama, kewajiban negara, walaupun negara tidak bisa hadir seluruhnya,” ujarnya.

Oleh karenanya, penyelenggara pendidikan dalam hal ini PTS sudah semestinya diperhatikan, demi kesetaraan kualitas pendidikan yang nanti akan bermuara pada output siswa yang lebih berkualitas.

Leave a Reply