Berkapasitas 31 Ribu Penonton, Stadion Internasional Pakansari Bogor Diresmikan

Oleh: Redaksi 

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Warga Bogor patut berbangga karena saat ini telah memiliki stadion megah berstandar internasional, yakni Stadion Pakansari Bogor.

Bertempat di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, stadion ini diresmikan penggunaannya oleh Bupati Bogor Nurhayanti bersama Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Rabu (16/3). Stadion berkapasitas 31.000 penonton ini mulai dibangun pada 12 April 2012 dan secara fisik selesai 2015 lalu.

Stadion yang berdiri di lahan seluas 60 hektare ini pun akan dikembangkan menjadi sebuah kawasan olahraga atau sport center yang luasnya hingga 100 hektare.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar sangat mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bogor yang dapat membangun Stadion Pakansari.  Menurutnya, hal tersebut merupakan wujud komitmen Pemkab Bogor dan masyarakatnya dalam bidang olahraga.

“Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bogor dan masyarakat yang telah mendukung berdirinya stadion ini. Berarti masyarakat telah mendukung penuh berdirinya stadion ini karena saat ini pembebasan tanah itu sulit,” ungkap Deddy dalam sambutannya.

Dengan dukungan dari dunia industri di Kabupaten Bogor, Deddy pun meminta Stadion Pakansari ini bisa cepat dikembangkan menjadi sebuah sport center. Pemprov Jabar pun, kata Deddy, berkomitmen dan siap membantu pengembangan kawasan stadion ini menjadi sport center.

“Saya kira tidak harus terlalu lama di masa ibu (bupati) ini, saya kira harus bisa segera selesai sport center ini,” pinta Deddy.

Dengan berdirinya Stadion Pakansari ini, Jabar kini telah memiliki 6 stadion besar berstandar internasional. 5 stadion lainnya, yakni Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kota Bandung, Stadion Kabupaten Bekasi, Stadion Kota Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, serta Stadion di Kabupaten Ciamis.

Dan apabila terealisasi cepat, Deddy Mizwar mengatakan, Kabupaten Bogor bisa menjadi kabupaten pertama di Jabar yang memiliki sport center. Deddy pun meminta agar stadion-stadion tersebut bisa dimanfaatkam secara optimal dan dipelihara dengan baik.

Menurutnya stadion atau tempat olahraga merupakan tempat lahirnya insan manusia berprestasi dan kebanggaan Jabar dan Indonesia pada umumnya.

Stadion yang dibangun dengan dana patungan dari pemerintah pusat, Pemprov Jabar, dan Pemkab Bogor ini akan menjadi venue untuk cabang olahraga sepak bola, marching band, serta atletik pada PON XIX/2016 Jabar yang akan digelar 17-29 September tahun ini.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Bogor Nurhayanti mengungkapkan kesiapan daerahnya menjadi bagian dari tuan rumah PON 2016 di Jabar.

Selain meresmikan stadion, dalam kesempatan ini, Bupati meresmikan juga 34 fasilitas infrastruktur di seluruh Kabupaten Bogor, seperti gedung kantor Pemkab Bogor, fasilitas rumah sakit dan puskesmas, gedung sekolah dan ruang kelas baru, terminal, jembatan, irigasi, serta sebuah bank.

Share This

Leave a Reply