Benteng Irigasi Jebol, Warga Desa Mekar Galih Jatinangor Kebanjiran

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Tembok Penahan Tanah (TPT) irigasi Sungai Cikeruh di Desa Mekargalih, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, jebol, Minggu (13/11). Akibatnya, ratusan rumah terendam banjir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun jurnalbandung.com, sebelum banjir terjadi, kawasan tersebut diguyur hujan yang cukup lebat yang membuat volume air di Sungai Cikeruh meluap hingga menyebabkan TPT Sungai Cikeruh jebol.

Jebolnya benteng penahan tanah tersebut diperparah dengan tak berfungsinya drainase di pinggir jalan nasional Garut-Bandung. Akibatnya, permukiman warga di RW 8 pun terendam banjir cukup tinggi.

“Karena TPT Sungai Cikeruh jebol dan terlalu sempitnya gorong-gorong, luapan air akhirnya menggenangi permukiman warga RW 08,” ungkap Kepala Desa Mekar Galih Dadan Jamaludin, Senin (14/11).

“Ada empat RW yang terendam banjir, yakni RW 02, 05, 08, dan RW 12. Dan yang paling parah terkena banjir dua RW, yakni RW 08 dan RW 12,” sambungnya.

Dadan menyebutkan, ketinggian air, khususnya di RW 12 bahkan lebih dari 1 meter. Menurut dia, mengingat intensitas hujan saat ini masih tinggi dan benteng penahan tersebut tidak segera diperbaiki, banjir akan terus-terusan terjadi.

“Kami meminta kepada pihak terkait untuk segera memperbaiki gorong-gorong atau saluran air yang berada di pinggir Jalan Raya Nasional Garut-Bandung karena saluran air tersebut menjadi penghubung ke wilayah Bandung,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply